Cara Mencegah Atap Rumah Bocor - Kebocoran pada setiap atap rumah sering terjadi di awal musim penghujan. Mulai dari air yang menetes di sudut rumah, sampai tembok yang basah oleh rembesan air hujan. Masalah yang terlihat sepele ini jika didiamkan dalam waktu yang lama akan mengakibatkan kerusakan atap rumah yang lebih parah. Anda harus tahu cara menambal atap rumah yang bocor, Berikut cara mudah mencegah terjadinya kebocoran atap rumah Berkelanjutan  :


Cara Mudah Mencegah Atap Rumah Bocor Berkelanjutan



1. Perhatikan kemiringan atap


Cara Mudah Mencegah Atap Rumah Bocor Berkelanjutan 1

Sudut kemiringan yang ideal sekitar 30°-40°. namun ada beberapa jenis atap rumah yang sudut kemiringannya bisa lebih landai.
2. Minimalkan sambungan atap

Cara Mudah Mencegah Atap Rumah Bocor Berkelanjutan 2


Minimalkan penggunaan karpusan/nok, jurai. atau model atap bertumpuk, karena tiap pertemuan atap berpotensi untuk bocor. Solusi untuk bocor dipertemuan adalah Pilihlah pelapis atap bocor yang terbaik. Atap dengan model pelana paling ideal untuk mengurangi risiko bocor.
3. Pilih genteng berkualitas

Cara Mudah Mencegah Atap Rumah Bocor Berkelanjutan 3


Genteng yang kurang bagus dapat menimbulkan kebocoran, pilih penutup atap ( genteng ) yang berkualitas sehingga tidak mudah retak yang menyebabkan air rembes ke bawah.
4. Pasang talang dengan tepat

Cara Mudah Mencegah Atap Rumah Bocor Berkelanjutan 4

Pilih talang dengan ukuran. kekuatan dan pemasangan yang tepat agar atap tidak mudah bocor.
5. Perhatikan ketinggian nok
Bubungan/nok jangan dipasang terlalu tinggi karena akan menimbulkan celah yang bisa mengundang air. Pengerjaannya harus rapi dan memakai bahan yang tidak mudah retak. Bahan berupa lembaran yang tahan air, lunak dan lentur sehingga tidak akan getas lalu retak karena cuaca. Cara ini juga membuat atap lebih bersih dan rapi, karena tidak ada lagi lelehan adukan yang kerap mengotori atap.
6. Pasang material pelapis

Cara Mudah Mencegah Atap Rumah Bocor Berkelanjutan 5

Pasang material pelapis (flashing) pada bagian yang rawan bocor seperti; pada jurai dan pertemuan antara genteng dan dinding. Syarat ideal pelapjs; tidak terdegradasi oleh air, tidak memuai, tidak menyerap air, warna disesuaikan genteng, dapat dicat, dapat diaplikasikan langsung pada bagian yang ingin dilindungi.
7. Pakai waterproofing
Aplikasikan cat waterproofing pada tiap sambungan dengan benar, agar tidak terjadi retak rambut. Waterproofing adalah bahan pelapis yang kedap air sehingga dapat mencegah kebocoran.
Sumber: www.rumah-ku.com


0 Comments