Talang air merupakan wadah atau tempat membawa air hujan keluar dari fondasi rumah yang bermanfaat membantu memelihara keutuhan konstruksi. Talang membantu mencegah erosi tanah, kerusakan dinding dan kebocoran ruang bawah tanah.

Gambar terkait

Sangat penting bahwa talang hujan dan pipa pvc atau talang paralon vertikal diukur, diatur, dan dipasang dengan benar supaya dapat berfungsi dengan baik. Pemasangan talang air pvc adalah pekerjaan yang dapat diatasi sendiri oleh banyak pemilik rumah dengan sedikit usaha dan peralatan yang tepat. Adapun beberapa cara untuk memasang talang air pvc yang benar adalah sebagai berikut :

1. Pembelian Bahan Pipa pvc


Hitung dan beli setidaknya total panjang talang yang dibutuhkan dan pipa pvc panjang vertikal dengan jumlah yang tepat beserta pengikat tambahan. Talang hujan harus dipasang pada papan sampai lebar cucuran sepanjang atap dan berakhir di pipa pvc talang vertikal. Jika talang air berukuran lebih dari 12,2m maka talang air harus diletakkan untuk disetel dari tengah menuju ke arah pipa talang vertikal di setiap ujungnya. Pengikat papan sampai lebar cucuran dipasang di setiap ujung usuk , atau kira-kira setiap 81,3cm.

2. Ukur dan Bidik Garis Tata Letak Menggunakan Penanda Garis (Chalk Line / Kapur)
  • Tentukan titik awal, atau titik tertinggi jalur talang.
  • Tandai titik pada papan sampai lebar cucuran kurang lebih 3,2 cm di bawah sambungan pertemuan antara dinding dan genteng.
  • Temukan titik akhir, atau lokasi pipa talang vertikal jalur talang.
  • Tandai titik akhir bawah papan sampai lebar cucuran saat menghitung kemiringan talang 0,6cm untuk setiap panjang 3m.
  • Gunakan penanda garis di antara dua titik tersebut.
Gambar terkait

3. Potong Talang Sesuai Ukuran

Gunakan gergaji besi atau gunting genggam pemotong logam besar untuk memotong talang sesuai ukuran yang tepat.

4. Pasang Pengikat Talang

Pengikat bisa dipasang di talang air dari seng ataupun hanya ditempelkan ke papan permukaan dahulu, tergantung pada jenis talang yang Anda beli. Mungkin Anda bisa membeli talang air baja ringan atau talang air galvalum. Tinjau rekomendasi pabrikan mengenai jenis talang dan harga talang air pvc.

5. Tentukan Lokasi Pembukaan Pipa Talang Vertikal

Gunakan gergaji ukir untuk memotong pembukaan berbentuk segi empat pada tempat yang tepat di talang. Pasang sambungan pipa talang vertikal dan sumbat penutup pada talang menggunakan bahan perapat silikon dan skrup logam pendek. Sumbat penutup harus digunakan pada jalur talang yang terbuka pada ujungnya.

6. Tempelkan talang

Perekat harus ditempelkan pada papan permukaan setiap 61 cm. Gunakan baut skrup besar berbahan baja tahan karat yang cukup panjang untuk menembus papan permukaan minimal 5,1 cm. Pasang pipa talang vertikal pada talang melalui sambungan pipa talang vertikal. Pastikan bahwa ujung pipa talang vertikal yang meruncing menghadap ke bawah dan menuju ke arah yang tepat. Pasang pipa talang vertikal pada talang melalui sambungan pipa talang vertikal. Pastikan bahwa ujung pipa talang vertikal yang meruncing menghadap ke bawah dan menuju ke arah yang tepat.


0 Comments