Bagian atap rumah yang terpenting adalah Talang Air. merupakan alat yang digunakan untuk mengalirkan air hujan pada atap bangunan agar air hujan mengalir ke tempat yang telah direcanakan.


Talang air ini juga berguna untuk melindungi cat pada permukaan dinding agar tidak mengelupas karena percikan air hujan dan melindungi pintu dengan mengurangi jangkau cipratan air hujan, selain itu talang air juga dapat  mengurangi kelembapan area bawah bangunan yang disebabkan percikan air hujan terlalu jauh masuk kedalam.

Baca juga : Desain Bentuk Talang Air Rumah Minimalis


Setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tetapi kebocoran dapat pula terjadi akibat pemasangan talang yang tidak benar. Berikut sejumlah hal yang harus diperhatikan dalam pemasangan talang:


  • Kemiringan talang


Sesuai fungsinya, maka talang harus mampu mengalirkan air hujan dengan baik, oleh karena itu talang harus memiliki kemiringan yang cukup. Talang dengan panjang lebih dari 10 meter sebaiknya dibagi 2 dengan posisi kemiringan tinggi di kemudian turun ke pinggir-pinggirnya. Kemiringan talang yang baik adalah 1-2 cm per 3 m panjang talang, artinya untuk sebuah talang yang memiliki panjang 3 m, salah satu ujung harus terletak 1-2 cm lebih rendah dibandingkan ujung satunya. Pastikan penggantung talang terpasang dengan baik sehingga kemiringan yang diharapkan dapat terjaga.






  • Sambungan / siku



Umumnya atap rumah demikian panjang sehingga membutuhkan lebih dari 1 batang talang, dan seringkali pula talang harus berbelok mengikuti bentuk atap siku. Pertemuan-pertemuan talang ini rawan terhadap kebocoran, sehingga seringkali sambungan atau siku kemudian justru direkayasa menjadi lubang atau corong talang yang bersambungan dengan talang atau pipa vertikal. Gunakan sambungan talang sesuai ukuran atau model talang yang digunakan, manfaatkan sealant silikon pada bagian sambungan untuk mencegah kebocoran.



  • Corong talang


Bagian dari talang tempat terdapat lubang yang mengarahkan air ke pipa vertikal. Karena menjadi bagian berkumpulnya aliran air, corong talang menjadi lokasi yang rawan bocor. Kerusakan pada corong talang umumnya terjadi karena air tidak mengalir dengan benar dan menggenang pada bagian tersebut, hal ini sering disebabkan oleh tumpukan sampah atau daun yang terbawa air hujan. Oleh karena itu anda harus rajin membersihkan bagian ini dari sampah jika anda ingin talang atap rumah anda tahan lama.





Terakhir, perencanaan talang harus mempertimbangkan juga masalah estetika. bentuk talang seperti apa yang sesuai dengan gaya arsitektur yang anda terapkan, apa warnanya, dan dari bahan apa. Semua akan mempengaruhi fasad rumah anda secara keseluruhan. Jangan biarkan fasad rumah anda rusak karena talang yang tidak didesain semestinya.






0 Comments