Teknologi rumah tahan gempa paling kokoh diindonesia saat ini banyak diterapkan salah satunya rumah anti gempa lombok. Bangunan alami konstruksi alami tahan gempa terbuat dari struktur ringkas baja ringan maupun beton bertulang yang mencontoh rumah tahan gempa dijepang. Teknologi rumah tahan gempa dijepang sudah mulai diterapkan rumah tahan gempa lombok yang mengutamakan konstruksi konstruksi beton tahan gempa.

Gambar pondasi rumah tahan gempa 

Hasil gambar untuk bangunananti gempa


Salah satu komponen penting dalam pembuatan bangunan anti gempa adalah pondasi anti gempa. Pada umumnya pondasi anti gempa menggunakan sistem pondasi batu kali yang menerus dimana hubungan antara pondasi rumah dengan sloof menggunakan angker setiap jarak setengah meter. Hal ini bertujuan agar ada keterikatan antara pondasi rumah dengan sloof. Sehingga ketika terjadi gempa ikatan antara pondasi dengan sloof tidak terlepas. 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat pondasi tahan gempa dari batu kali : Pondasi Anti Gempa Harus Terletak di Tanah yang Keras Fungsi pondasi yang terutama adalah meyebarkan beban bangunan ke tanah. Jadi pastikan tanah dimana pondasi rumah anti gempa yang dibuat memiliki kestabilan dan kekuatan yang cukup keras. 


0 Comments