Kebanyakan kita hanya dapat menggunakan dan memasang kloset duduk tanpa mengetahui spare part atau nama bagian dari kloset dan tanki kloset duduk. Hal ini penting sebagai pengetahuan, jika ada kemungkinan beberapa bagian rusak dan perlu penggantian, Yuk, kenali dulu komponen dari kloset sebelum membelinya. Sehingga memudahkan cara membongkar kloset duduk  dan mencari penggantinya ke toko penjual kloset.

Hasil gambar untuk kloset duduk

Baca juga: 7 Desain Kamar Mandi Minimalis 

Komponen atau peralatan yang terdapat pada tank trim akan berbeda bentuk dan ukuran sesuai dengan merek kloset. Namun secara umum, nama dan fungsi dari komponen tersebut sama. Pada contoh kali ini saya akan menjelaskan beberapa komponen penting closet duduk pada tank trim merk American Standard tipe Winplus.

Wax ring

Berbentuk bulat dan dilapisi semacam gemuk untuk menahan bau dan tumpahnya percikan air dari lubang kloset. Wax ring dipasang pada bagian bawah kloset atau disebut roughing in. Cara memasang tutup kloset duduk ini harus dilakukakan dengan hati - hati, sebab semua material ini memepunyai nilai harga lumayan menguras uang saku Anda.



Wax ring yang dipasang di roughing in

Baca Juga : Tips Memilih Keramik Kamar Mandi Minimalis

Flexible hose

Adalah sebuah selang berlapis anyaman kawat aluminium yang pada kedua ujungnya terdapat drat untuk disambungkan ke stop valve dan valve pada bawah tabung. Berfungsi untuk mengalirkan air dari sumber air ke tanki. Posisinya harus sejajar dengan jarak lubang kloset duduk dengan dinding.





Flexible hose

Baca Juga : Ukuran Kamar Mandi Paling Ideal Untuk Rumah Minimalis

Stop valve

Komponen ini berfungsi untuk membuka dan menutup (kran) air dari sumber air ke tanki. Bagian ini memiliki bentuk yang berbeda-beda, jika stop valve bawaan pabrik, maka berbentuk sederhana. Anda dapat menggantinya dengan stop valve berbentuk T, agar dapat dipasang juga jet shower pada tempat yang sama.




Stop valve 1/2

Baca Juga : Tampilan 3D Rumah Minimalis Type 21 Terbaru 2019

Brass bolt

Komponen ini berbentuk sekrup panjang yang dilengkapi dengan 3 ring karet untuk menahan tekanan ketika pengencangan dan mencegah kebocoran air dari tank trim. Brass bolt juga berfungsi untuk merekatkan tank trim ke kloset.





Brass bolt

Inlet valve

Berfungsi untuk mengatur volume air pada tank trim.




Inlet Valve

Flush valve

Komponen ini berfungsi untuk mengatur keluaran air dari tank trim ke kloset duduk yang dilakukan dengan cara menekan tombol Push Down.




Flush valve

Push Button

Tombol Push Button terkoneksi langsung dengan Flush valve dan berada di atasnya berfungsi untuk menekan flush valve agar air yang terdapat dalam tanki terdorong keluar melalui lubang kloset duduk untuk menyiram kotoran kloset. Untuk tipe standar biasanya terdapat dua buah tombol dengan fungsi yang sedikit berbeda dalam volume pengeluaran airnya.




Push Button

Rubber tank to bowl

Berbentuk seperti cincin besar berbahan karet, berfungsi untuk menahan beban tank trim pada kloset dan menahan kebocoran/rembesan air dari tanki ke kloset duduk.




rubber tank to bowl

Demikian beberapa komponen peralatan kloset duduk dan tank trim American Standard tipe winplus yang disertai gambar. Dengan mengetahui sedikit bagian dari tank trim ini semoga bermanfaat bagi Anda yang penasaran.

Sumber: Bangunrumah.name


0 Comments