Pada kesempatan kali ini kita akan coba membahas tentang kalkulasi atau itung itungan kebutuhan genteng untuk sebuah bangunan, tentu saja untuk genteng morando. Pada kenyataannya tidak rumus yang tepat 100% untuk menghitung kebutuhan genteng artinya selalu ada genteng yang kurang atau yang lebih. 

Cara Hitung Kebutuhan Genteng Keramik, cara menghitung genteng per m2, cara menghitung genteng rumah limas, cara menghitung genteng multiroof, cara menghitung volume atap genteng metal, harga genteng, menghitung kebutuhan genteng mantili.

Hasil gambar untuk hitung genteng


Dan yang akan kami ulas kali ini adalah sebuah pendekatan yang umumnya digunakan oleh para pekerja bangunan dalam menentukan kebutuhan atap sebuah rumah atau bangunan. Berikut ini rumus pendekatannya.

Menghitung Kebutuhan Genteng
(Luas Rumah + (Luas Rumah x sudut kemiringan/100)) x volume/m2 = kebutuhan genteng  
((Luas Rumah + (Luas Rumah x sudut kemiringan/100)) x volume/m2) x harga/pcs = biaya kebutuhan genteng 

Contoh Penerapan

Anda memiliki rumah dengan Panjang = 10m dan Lebar = 6m, dengan sudut kemiringan atap sebesar 30 derajat, berapakah genteng yang dibutuhkan dan berapa biaya yang harus Anda keluarkan?
(Luas Rumah + (Luas Rumah x sudut kemiringan/100)) x volume/m2 = kebutuhan genteng 
( 60 + (60 x 30/100)) x 20 = kebutuhan genteng 
( 60 +18) x 20 = kebutuhan genteng 
78 x 20 = 1.560pcs


Dan untuk mengestimasi biaya Anda tinggal kalikan saja dengan harga genteng morando yang Anda inginkan. Misalnya genteng morando super glazur brown, berarti 1.560pcs x Rp. 3.800 = Total Rp. 5.928.000,-

Rumus diatas hanya sebagai perkiraan saja, artinya bukan merupakan rumus baku untuk menghitung kebutuhan genteng. Karena di beberapa kesempatan lainnya, Kami sering juga menemukan pendekatan atau rumus lainnya yang menggunakan tipe atau jenis atap seperti pelana, limas, dan lainnya.


0 Comments