Pengetahuan tentang jumlah genteng yang digunakan sebagai atap rumah dapat berguna jika sewaktu-waktu anda harus mengganti atap genteng anda. Ketika anda telah mengetahui jumlah pasti genteng rumah yang anda gunakan, secara otomatis akan membantu memudahkan pekerjaan dan dapat meminimalisasi pengeluaran anngaran renovasi rumah. Akan tetapi masih banyak sekali yang tidak mengerti cara tepat untuk menghitung jumlah genteng dengan benar. Berikut ini adalah cara cepat menghitung jumlah kebutuhan atap genteng rumah anda dengan mudah dan akurat :

Hasil gambar untuk cara menghitung kebutuhan jumlah genteng

1.Melakukan Perhitungan Genteng Rumah Berdasarkan Luas Atap

Jumlah luas yang ada pada atap rumah anda bisa dijadikan acuan dalam perhitungan jumlah keseluruhan pada genteng rumah anda. Cara ini tergolong ke dalam teknik matematis dengan perhitungan logika. Pertama-tama anda harus mengetahui dengan pasti jumlah luas atap rumah anda untuk dapat mengetahui dengan jelas berapa jumlah genteng yang anda butuhkan dalam kegiatan bangun rumah per m2. Agar lebih mudahnya, perhatikan contoh studi kasus berikut ini :

Jika luas atap rumah limas anda adalah 10 meter x 9 meter = 90 m2 pada tiap sisinya. Maka jumlah total luas atap menjadi 90 meter x 2 (jumlah pada sisi atap) = 180 m2. Jika anda akan menggunakan jenis genteng plentong / kodok (setiap 1 m2 berisikan 25 buah). Oleh karenanya jumlah genteng keramik yang anda butuhkan adalah sebanyak 180 x 25 = 4.500 buah.

Hasil gambar untuk cara menghitung kebutuhan jumlah genteng

2. Menghitung Jumlah Genteng Rumah Berdasarkan Panjang dan Lebar Pondasi dan Teras Rumah

Panjang dan lebar pada pondasi bangun rumah juga dapat dijadikan patokan dalam perhitungan jumlah genteng pada bangun rumah anda. Perhatikan contoh kasus berikut ini :

Jika panjang dan lebar pada sebuah rumah adalah 9 meter dan 6 meter, maka luas = (9 + 1) x (6 + 1) = 70 m2. Dengan perhitungan tersebut, maka berapakah jumlah genteng yang dibutuhkan? Jumlah minimum genteng yang dibutuhkan adalah sejumlah 70 x 35 = 2450 buah genteng.

Kita juga perlu untuk melakukan perhitungan terhadap teras rumah, dengan perhitungan apabila luas teras = 5 meter x 4 meter = 20, maka 20 x 35 = 700 buah genteng. Jadi, total keseluruhan jumlah minimal genteng yang anda butuhkan adalah 3150 buah.

Perlu diingat pada saat pemesanan volume atap genteng metal pada rumah, sebaiknya jumlah yang dipesan sedikit dilebihkan. Misalnya jika anda membutuhkan 100 buah genteng, maka lebihkan menjadi 130 genteng atau sesuai dengan perkiraan anda. Hal ini berguna sebagai antisipasi apabila terjadi kebocoran dengan pemberian multiroof, kerusakan, atau cacat pada genteng. Anda bisa menggantinya dengan sisa  atap pelana genteng yang sebelumnya telah anda lebihkan dalam pemesanannya.

Demikian beberapa kiat untuk menghitung jumlah genteng yang akan berguna bagi kegiatan bangun rumah, renovasi rumah, dan lainnya. Jika anda ingin berkonsultasi dengan kami penyedia jasa bangun rumah, renovasi rumah, dan desain rumah. Anda dapat menghubungi kontack yang tersedia dalam website ini. Terima kasih, semoga bermanfaat.


0 Comments