Kombinasi warna cat plafon membuat desain interior rumah Anda akan membuat lebih elegan. berikut cara menghitungnya sederhana. Pertama, Anda harus menghitung jumlah luas tembok yang akan dicat ditambah luas plafon jika Anda menginginkan warna yang sama pada plafon. Setelah itu kurangi dengan total luas jendela dan pintu.

Hasil gambar untuk cara menghitung kebutuhan cat plafon

Berikutnya jumlah tersebut dibagi dengan daya sebar cat yang biasanya tercantum pada kemasan kaleng cat. Masing-masing merk cat memiliki daya sebar yang berbeda. Hal inilah yang menyebabkan pentingnya menghitung kebutuhan cat agar sesuai dengan kebutuhan.

Cara menghitung cat tembok, cara menghitung cat duco, cara menghitung cat lantai , cara menghitung cat besi, cara menghitung cat rangka baja, cara menghitung luas dinding ruangan, kebutuhan cat genteng per m2, daya sebar cat, konvensi 1 liter cat berapa kg.

Berikut ini adalah rumus perhitungannya dengan menggunakan cat merk X yang memiliki daya sebar 12 m2 per liter untuk sekali lapis.

Total luas bidang yang akan dicat : 61 m2
Daya sebar cat : 12 m2/liter untuk sekali lapis

Agar hasil pengecatan lebih baik maka lakukan dua kali pengecatan. Maka perhitungannya adalah : (61 m2 / 12 m2/L) x 2 = 10 liter

Berat jenis cat : 1,5 kg/L
Total kg konsumsi cat : 10L x 1,5 kg/L = 15 kg
Kemasan kaleng cat yang tersedia : 5 kg
Maka jumlah kaleng cat yang dibutuhkan adalah = 15 kg : 5 kg = 3 kaleng cat kemasasan 5kg.


0 Comments