Mengatasi tembok retak rambut akibat beda bahan tembok retak struktur karena berbeda bahan disebabkan karena plesteran menutup sambungan tembok campuran batu bata dengan beton atau kayu. Misalkan pada sambungan pintu, kusen, atau ventilasi. Hal ini menyebabkan plesteran dan acian mudah retak dan bocor karena pergerakan pemuaian dan penyusutan bahan yang berbeda sifat. Tipe retakan semacam ini berbentuk lurus sepanjang sambungan dan mudah timbul kembali meskipun sudah diperbaiki. Pamasangan AC, exhaust fan dinding yang kurang pas juga bisa menyebabkan hal ini.

Hasil gambar untuk cara perbaiki tembok pecah

Cara mengatasi retakan model ini adalah dengan cara membuat dilatasi diantara kedua permukaan. Caranya adalah sebagai berikut:
  • Potong kembali plester sepanjang retakan kurang lebih satu sentimeter sepanjang retakan.
  • Buat dilatasi yang terdiri dari campuran plester dan polimer 4 persen. Isikan campuran dilatasi tersebut ke dalam retakan setebal dua milimeter.
  • Setelah kering, buatlah acian putih dan rapikan permukaan dilatasi. Dan bisa juga menggunakan no drop untuk tembok retak.
  • Setelah satu hari, buatlah tali air. Buat alur lurus dengan lebar tiga milimeter dan dalam tiga milimeter sepanjang garis retak sebelumnya. Setelah kering, isi talli air tersebut dengan paintable sealant agar tampilan retakan lebih rata dan rapi.

Cara tersebut cukup efektif sebagai obat tembok retak tahan lama kuat tahunan dalam mengatasi dinding retak karena sambungan permukaan tembok yang berbeda. Perbatasan dinding dan pintu ruang tamu adalah tempat yang patut Anda cek rutin agar tidak terjadi keretakan lebih lanjut.


0 Comments