Resep mengatasi tembok retak pada dinding batu bata terjadi karena adanya pergeseran struktur tanah yang menyebabkan pondasi rumah goyang. Retakan semacam ini menyebabkan bata pecah dan menyebabkan keretakan pada plesteran dan acian. Retakan yang terjadi biasanya tegak lurus panjang retak rambut atau menyamping. Celah retakan akan semakin lebar bila bangunan kembali bergerak. 

Hasil gambar untuk cara perbaiki tembok pecah

Cara mengatasi tembok retak dan bocor yang disebabkan oleh struktur bata dan pergerakan pondasi adalah sebagai berikut.
  • Buat celah kecil antara dinding dengan balok atas untuk mengurangi tekanan. Selanjutnya isi sika untuk dinding retak pada celah tersebut dengan karet atau styrofoam. Untuk menyamarkan celah sumpalan tersebut, bisa Anda tutup dengan lis kayu atau gypsum. Dan bisa juga menggunakan no drop untuk tembok retak.
  • Kemudian buka retakan pada dinding selebar satu sentimeter sampai ke bata. Buat adukan semen pasir dengan perbandingan 1:5 untuk menutup retakan pada dinding sampai penuh dan rapi. Biarkan kering hingga kurang lebih tiga hari.
  • Setelah kering, rapikan celah yang sudah terisi plester dengan acian putih. Setelah acian kering, labur tembok dengan plamir dan siap Anda cat kembali.

Apabila terjadi pergerakan pada pondasi karena gempa dan terjadi keretakan namun hanya bagian plesteran dan acian saja. Anda tetap perlu memeriksanya. Apakah keretakan sampai membuat bata pecah. Apabila keretakan hanya terjadi pada Acian, hal ini menandakan struktur bangunan Anda cukup kuat. 

Cara memperbaiki dinding retak struktur sama dengan cara sebelumnya. Membuka retakan selebar satu sentimeter sampai ke bata dan menambalnya dengan adukan semen pasir dengan perbandingan 1:5. Itulah obat tembok retak tahan lama kuat tahunan yang bisa Kanopitop.com berikan, Semoga bermanafaat.


0 Comments