Desain motif lantai saat ini sangat ngetrend dikalangan desainer dan arsitektur rumah minimalis. Apalagi sekarang ini sudah ada dua model jenis motif lantai yang hampir sama bentuknya yaitu granit dan keramik. Berikut cara membedakan granit dan keramik:

Hasil gambar untuk cara membedakan keramik dan granit

Artikel Pendukung:
keramik yang mirip granit, perbedaan keramik granit dan marmer, perbedaan granit dan marmer, kekurangan granit cina, cara membedakan kualitas granit, harga granit garuda 60 x 60, porselen granit.

Kekuatan Tile
Jelas granite memiliki body yang lebih kuat dan keras dibandingkan dengan keramik biasa, hal ini bisa dibuktikan pada saat melakukan pemotongan kedua jenis lantai tersebut menggunakan alat grinda. Granite tile diproduksi melalui proses pembakaran yang lebih besar dibandingkan keramik, sehingga penyatuan material lebih padat dan sempurna.

Kilap Pada Tile
Diukur menggunakan alat gloss meter khusus untuk mengukur tingkat kekilapan permukaan suatu benda, menyimpulkan bahwa granite tile dan keramik biasa mencapai skala 60 – 80 . Hal ini berarti kedua jenis lantai tersebut memiliki kilap yang sama, tapi bedanya kilap granite tile terlihat sempurna karena melalui proses pemolesan dan beda dengan keramik yang tampak bergelombang karena hanya di lapisi glasur tanpa proses pemolesan.

Anti Goresan
Keramik yang hanya di lapisi glasur hanya untuk mengkilap tidak akan tahan terhadap goresan, contohnya gesekan pada saat memindahkan furniture, alas sepatu yang berpasir dan lain-lain. Namun Granite tile yang tidak dilapisi glasur dan melalui proses pemolesan memiliki permukaan mengkilap dan jauh lebih tahan goresan untuk segala jenis benda.

Anti Noda
Keramik yang biasa kuat terhadap jenis noda karena tidak memiliki pori-pori, sedangkan granite tile terdapat 2 jenis. Pertama, granite tile generasi 1 yang tidak tahan noda karena pori-porinya menyerap cairan sehingga menimbulkan flex. Kedua, granite tile generasi 2-3 sama sekali tidak menyerap noda karena pori-porinya sudah ditutup melalui proses crystalisasi jadi sama seperti keramik biasa “Anti Noda”.

Perawatan
Untuk keramik yang tidak tahan goresan lama kelamaan permukaannya akan kotor dan mudah kusam, tidak akan bisa diperbaiki lagi kecuali ganti baru. Sedangkan untuk granite tile tidak masalah jika tampak kusam, karena granite tile tahan terhadap noda.

Harga
Tentu saja untuk harga keramik lebih murah dibandingkan dengan granite tile jika dilihat dari keunggulan masing-masing jenis. Seperti kata pepatah “Ada harga, Ada kualitas” ini berlaku untuk membandingkan keramik dan granite tile.

Jadi, jenis tile manakah yang menjadi pilihan Anda untuk hunian ? Jika ingin granite tile yang berkualitas sudah pasti pilih Indogress untuk Anda.


0 Comments