Rumus menghitung upah tukang bangunan perhari dan borongan 2019, upah tukang gali, harga borong bangunan tukang batu, tukang kayu, tukang cat,upah borongan bangunan per meter, harga borong bagunan permeter persegi, upah tukang bangunan standart pemerintah, tukang besi untuk bulan Pebruari 2019.

Hasil gambar untuk upahbangunan

Pekerjaan tukang sangat dibutuhkan dalam proses pengerjaan bangunan, baik rumah tinggal maupun gedung lainnya. Upah tukang bangunan juga sangat bervariasi. Besarnya upah tukang ini juga sangat dipengaruhi oleh tingkat keahlian yang dimiliki serta tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas sehubungan dengan profesinya.

Berikut ini kami sajikan daftar biaya upah tukang harian berdasarkan profesi dan tingkat keahlian masing-masing tukang, yang dirangkum dari beberapa kota besar di Indonesia.

Harga Upah Harian Tukang Gali

Hal pertama yang dilakukan sebelum pekerjaan membangun rumah atau gedung adalah pembuatan pondasi. Disinilah peran tukang gali dalam melakukan penggalian sebelum pembuatan pondasi rumah atau gedung dilakukan. Berikut daftar biaya upah tukang gali tanah sesuai tingkatannya.

Spesifikasi Tukang GaliSatuanHarga (Rp.)
Mandor Tukang Gali Tanahorang/hari (8jam)80.000,-
Kepala Tukang Gali Tanahorang/hari (8jam)70.000,-
Tukang Gali Tanahorang/hari (8jam)55.000,-

Harga Upah Harian Tukang Batu

Setelah prosess pekerjaan penggalian tanah untuk pondasi telah selesai dikerjakan oleh tukang gali, maka pekerjaan selanjutnya dilanjutkan oleh tukang batu untuk membuat pondasi, memasang batu bata, mengecor sloof, membuat dak beton dengan menggunakan campuran semen, pasir dan batu. Berikut besaran biaya upah tukang batu perhari sesuai dengan tingkat keahliannya.

Spesifikasi Tukang BatuSatuanHarga (Rp.)
Kepala Tukang Batu Terampilorang/hari (8jam)120.000,-
Tukang Batuorang/hari (8jam)80.000,-
Tukang Batu Setengah Terampilorang/hari (8jam)95.000,-
Pembantu Tukangorang/hari (8 jam)70.000,-


Harga Upah Harian Tukang Besi

Setelah tukang batu mengerjakan pembuatan dak serta pengecoran, maka dibutuhkan komponen material untuk memberikan kekuatan pada bangunan yaitu pembesian. Dalam pembuatan konstruksi rumah, kolom, sloof serta dak adalah tugas utama dari seorang tukang besi dalam menyiapkan komponen tersebut. Berikut biaya upah tukang besi sesuai dengan tingkat keterampilannya.

Spesifikasi Tukang BesiSatuanHarga (Rp.)
Kepala Tukang Besiorang/hari (8jam)80.000,-
Tukang Besi Terampilorang/hari (8jam)65.000,-
Tukang Besi Setengah Terampilorang/hari (8jam)55.000,-


Harga Upah Harian Tukang Kayu

Sesuai profesinya tukang kayu berperan dalam pembuatan kerangka atap kayu, kuda-kuda, kusen, rangka pintu, daun pintu dan jendela dari sebuah rumah atau gedung. Tukang kayu dituntut terampil dalam mengerjakan bagian-bagian rumah yang terbuat dari kayu. Berikut biaya upah tukang kayu per hari sesuai tingkatannya.

Spesifikasi Tukang KayuSatuanHarga (Rp.)
Kepala Tukang Kayu Terampilorang/hari (8jam)130.000,-
Tukang Kayuorang/hari (8jam)100.000,-
Tukang Kayu Setengah Terampilorang/hari (8jam)85.000,-


Harga Upah Harian Tukang cat

Tugas tukang cat adalah melakukan pengecatan terhadap bangunan yang telah selesai dibuat. Pekerjaan pengecatan ini biasanya meliputi pengecatan atap rumah, dinding rumah bagian dalam, dinding bagian luar, plafon dan sebagainya. Berikut biaya upah tukang cat perhari sesuai tingkatannya.

Spesifikasi Tukang CatSatuanHarga (Rp.)
Kepala Tukang Catorang/hari (8jam)75.000,-
Tukang Cat Terampilorang/hari (8jam)65.000,-
Tukang Cat Setengah Terampilorang/hari (8jam)55.000,-


0 Comments