Salah satu bagian terpenting didalam konstruksi pembangunan rumah adalah sloof pondasi. Sloof pondasi ini terbentuk dari kedua rangka kolom dan balok. Kolom dan balok juga bisa disebut dengan exdel. Untuk membuat kolom 2 lantai sloof pondasi harus menggunakan pondasi telapak. Jika Anda ingin memngetahui definisi tentang sloof pondasi mari kita uraikan bagaimana cara menghitung jumlah kebutuhan besi sloof pondasi paling akurat untuk membangun rumah.


Hasil gambar untuk cara hitung kebutuhan besi sloof

Baca Juga : 
Besi beton mempunyai beberapa ukuran antara lain diameter 6 mm, 8 mm, 10 mm, 12 mm dll. Besi beton terdiri dari dua jenis yaitu besi beton polos dan besi beton ulir. Untuk penggunaan besi beton tentu disesuaikan dengan hitungan struktur untuk plat lantai yang sudah ada. Baik untuk pemakaian dimensi diameter besi atau jenis besi beton yang akan digunakan. Apakah akan menggunakan besi beton polos atau besi beton ulir.

Bagian struktur sloof pondasi yang menggunakan besi beton antara lain, sloof, kolom, balok , plat lantai, plat tangga,dan ringbalk. Semua bagian tersebut membutuhkan jumlah besi beton dan harga yang berbeda –beda.



Hasil gambar untuk cara hitung kebutuhan besi sloof

Baca Juga : 




Sebagai contoh sloof pondasi sebuah bangunan berukuran 15 cm x 20 cm menggunakan besi polos tulangan utama 4 buah dengan diameter besi 12 mm dan begel atau sengkang besi polos dengan diameter 8 mm dengan jarak sengkan 15 cm. Panjang total sloof adalah 20 m.

Maka kebutuhan besi untuk tulangan utama adalah :

Jumlah tulangan utama x panjang sloof = 4 x 20 = 80 m

Panjang besi di pasaran adalah 12 m, maka kebutuhan besi adalah 80 m : 12 m = 6,6 batang atau jika dibulatkan kebutuhan besi tulangan sloof adalah 7 batang besi diameter 12 mm.

Untuk kebutuhan besi sengkang adalah :

1 buah sengkang membutuhkan = 15 cm + 15 cm + 20 cm +20 cm + 5 cm + 5 cm = 80 cm

1 meter sloof membutuhkan = 100 cm : 15 cm = 7 buah sengkang

Panjang besi sengkang = 0,8 m x 20 m x 7 bh = 112 m

Kebutuhan besi sengkang = 112 m : 12 m = 9,3 batang

Atau jika dibulatkan kebutuhan besi sengkang sloof pondasi adalah 10 batang besi diameter 8 mm

Itulah cara sederhana menghitung kebutuhan besi sloof pondasi paling akurat. Info yang harus diketahui untuk menghitung kebutuhan besi adalah jumlah tulangan utama yang digunakan, dimensi struktur , panjang struktur dan jarak sengkang. Dengan data – data tersebut kita bisa menghitung jumlah kebutuhan besi beton sendiri.




0 Comments