Halo sobat senang sekali anda telah berkunjung kembali disitus kanopitop yang selalu membahas tentang inspirasi tentang rumah. Kanopitop kali ini akan membahas cara membuat pintu aluminium kaca minimalis. Sekarang ini pintu aluminium kaca banyak dicari orang, Karena sangat ekonomis dari segi harga dibanding pintu berbahan kayu. Cara membuat pintu aluminium sendiri tidaklah sulit seperti halnya dengan Cara Membuat Pintu lipat garasi, atau cara membuat teralis jendela minimalis. Dibanding jenis-jenis pintu rumah kayu jati dll, menggunakan pintu aluminium kaca akan lebih awet karena bentuknya yang kokoh serta tidak akan termakan rayap. Selain itu, bahan aluminum juga lebih ringan sehingga memungkinkan anda untuk memindahkannya dengan mudah.

Cara Membuat Pintu Aluminium Kaca Minimalis 1


Model pintu rumah minimalis dengan menggunakan bahan aluminium akan lebih sesuai untuk rumah berdesain minimalis dan dipasang berdampingan dengan jendela minimalis pula, Meskipun pintu aluminium kaca ini memiliki banyak fungsi, Adapun kelemahan kusen pintu aluminium yang juga harus kita ketahui bersama. Jika anda sudah memutuskan untuk membuat pintu aluminium kaca minimalis sendiri, berikut adalah cara membuat pintu alumunium kaca sendiri paling mudah :


  • Mengukur dinding 



Cara Membuat Pintu Aluminium Kaca Minimalis 2


Hal pertama yang dilakukan dalam membuat pintu aluminium adalah mengukur dinding yang akan dipasangi pintu. Patokan ukuran standar yang dapat anda ikuti yaitu 220 cm x 80 cm. Tentu anda dapat menyesuaikan ukuran menurut keinginan anda, karena tiap rumah memiliki Desain Rumah Minimalis yang berbeda-beda dengan rumah minimalis berbagai type

  • Melubangi dinding dengan bor

Cara Membuat Pintu Aluminium Kaca Minimalis 3

Setelah mendapatkan ukuran yang sesuai untuk memasang pintu alumunium, anda perlu melubangi dinding terlebih dahulu. Alat yang digunakan yaitu mesin bor serta mata bor untuk tembok. Mata bor yang digunakan umumnya mata bor untuk beton berukuran 6 mm. Ketika akan membuat lubang, berhati-hatilah untuk tidak memotong jalur kabel yang biasanya berada dibalik dinding.
  • Menyiapkan peralatan untuk membuat pintu

Cara Membuat Pintu Aluminium Kaca Minimalis 4

Kemudian tahapan selanjutnya adalah persiapan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat pintu aluminium. Peralatan tersebut meliputi rangkaian kusen pintu aluminium, sealent, isolasi plastik/kertas, gergaji besi, fischer, bor tembok, skrup dan obeng. Anda mungkin juga perlu menyediakan kabel roll untuk menyalakan bor jika stop kontak jauh dari jangkauan.
  • Memotong aluminium

Cara Membuat Pintu Aluminium Kaca Minimalis 5

Jika semua peralatan untuk membuat pintu alumunium sudah tersedia, kini saatnya untuk memulai membuat kerangkanya. Anda akan memerlukan 8 bagian aluminium yang terbagi menjadi 4 buah bagian ukuran 110 cm dan 4 buah bagian berukuran 40 cm. Untuk memotong aluminium tersebut anda membutuhkan gergaji besi.
  • Menyusun kerangka pintu

Cara Membuat Pintu Aluminium Kaca Minimalis 6



Pintu aluminium memiliki bagian-bagian dengan panjang yang berbeda. Dalam pola pintu kaca minimalis, terdapat 8 bagian yaitu 4 buah 110 cm dan 4 buah bagian dengan panjang masing-masing 40 cm. Bagian-bagian tersebut harus disusun terlebih dahulu sesuai pola. Cara menggabungkannya adalah dengan menggunakan sekrup. Pasangi sealant di tiap ujungnya agar tidak kendor. Tahap ini juga merupakan tahap dimana kaca dipasang.
  • Memasang kusen

Cara Membuat Pintu Aluminium Kaca Minimalis 7

Kusen merupakan bagian yang satu kesatuan dengan pintu. Pintu tidak akan dapat terpasang tanpa bantuan kusen. Untuk memasang kusen, anda perlu mempersiapkan lubang kusen yang disesuaikan dengan ukuran kusen tersebut. Ukuran lubang kusen perlu ditambahkan satu sentimter sebagai tempat sealent. Selanjutnya, masukkan kusen ke dalam lubang kusen dengan posisi yang kokoh

  •  Menempatkan pintu ke dalam kusen

Cara Membuat Pintu Aluminium Kaca Minimalis 8


Anda telah menyelesaikan pembuatan pintu dan kusen, kini tibalah saat untuk menggabungkannya. Pertama-tama, angkatlah pintu dan posisikan bagian atas dengan gerendel atas. Sementara itu, barulah letakkan bagian bawah pintu ke kusen sembari mengepaskan roda pintu.


0 Comments