Konsep Membuat Meja Dapur Minimalis dari besi cor - Dapur termasuk bagian rumah yang penting serta wajib untuk diperhatikan. Meja dapur seringkali jadi pusat perhatian karena aneka kegiatan seputar masak memasak akan dilakukan di atasnya. Kekuatan serta keawetan meja dapur menjadi poin penting yang tak boleh terlewatkan. Karena itulah banyak orang mencari cara membuat meja dapur cor yang terbukti lebih awet serta kuat dibanding meja kayu atau plastik.




Banyak meja dapur yang terbuat dari bahan baku kayu, stenlis, aluminium hingga triplek. Namun, meja dari bahan cor beton masih jadi favorit. Alasan utamanya adalah dari segi kekuatan, meja ini paling kuat serta tahan lama. Perawatannya juga mudah dan pengaturan sanitary pun tak terlalu sulit karena bisa ditanam dari bawah permukaan keramik.

Persiapan dan Cara Membuat Meja Dapur Cor

Sebelum membahas langkah-langkah pembuatan, kita simak terlebih dahulu hal penting apa saja yang harus diperhatikan dalam pembuatan meja dapur cor beton :

1.    Pertama, ketinggian meja harus disesuaikan tinggi badan pemakai, terutama kaum ibu. Jika perlu, ukur dan tanyakan pada pemakainya. Ukuran standar meja dapur ini terkait kenyamanan dalam pemakaian meja nantinya.

2.    Selain itu, peralatan sanitary serta pipa air juga haru ditanam dalam pasangan batu lalu ditutup menggunakan keramik. Pengeleman harus rata, sempurna serta rapat guna menghindari kebocoran.

3.    Kemudian, keramik besi behel yang digunakan sebagai kerangka plat meja harus berdiameter 8 mm serta disusun cukup rapat. Lantai meja bisa menggunakan granit atau keramik yang teksturnya halus serta mengkilap. 


Baca juga Artikel : Desain Atap Kanopi Minimalis

Setelah menentukan ukuran meja dapur keramik, saatnya memulai langkah-langkah pembuatan 

1.    Ukur ketinggian meja dapur sesuai tinggi badan pemakai meja nantinya. Tinggi rata-rata orang Indonesai umumnya adalah 160 cm, maka buat ukuran 80 cm untuk wastafel serta 65 – 70 cm untuk meja kompor. Tinggi di atas adalah ukuran ideal untuk meja dapur cor minimalis setelah dipasang keramik di atasnya.



2.    Buat lebar antara 65 – 80 cm sehingga ketinggian cor setelah dikurangi tebal dari adukan keramik serta tebal keramik kira-kira 3 cm. Sementara untuk ketebalan cor meja ialah 6 – 7 cm. Selanjutnya, ukur panjang meda dapur dan pilih apakah meja akan berbentuk L atau sekedar lurus saja. Sebaiknya, letakkan meja ada bagian sudut rumah serta dekat jendela sebagai ventilasi.

3.    Pasang batu bata di sisi atau ujung meja selebar 65 – 80 cm.  Ketinggian pasangan batu bata ini adalah agar diperoleh meja dengan ukuran di atas 70 cm untuk wastafel serta 55 – 60 cm untuk meja kompor. Selanjutnya persiapkan besi beton polos untuk rangkaian tahap cor.

4.    Setelah dicor serta dipasang keramik, hasilnya akan tampak seperti gambar meja dapur cor yang diinginkan. Pasangan batu bata ini juga memiliki fungsi sebagai dinding di bagian kanan serta kiri meja serta kaki meja dapur cor.

5.    Apabila saluran air masuk ataupun saluran air kotor belum juga tersedia, maka pasang dulu besi pipa sepanjang ½ inch sebagai saluran air bersih serta pipa 2 ½ inch sebagai saluran air kotor. Tanamkan di dinding dan di bawah lantai rumah. Sediakan juga beberapa lubang drat guna memasang kran.

6.    Kemudian buatlah begisting yang terbuat dari papan serta kayu gelam sebagai penopang. Tinggi begisting ialah 60 cm untuk meja kompor serta 70 cm untuk wastafel. Hasil desain meja dapur beton nantinya adalah bertingkat dengan selisih kira-kira 10 cm.




7.   Tahap terakhir adalah dengan memasang kran air, wastafel serta pipa saluran air cucian. 

Dibutuhkan ketelitian serta kesabaran pada tiap proses pembuatannya. Selain itu, proses pembuatannya juga memakan waktu yang lebih lama. Akan tetapi, hasil yang didapat akan lebih memuaskan karena awet, tahan lama serta kokoh. Demikian semoga informasi di atas bermanfaat.


0 Comments