Perlu diketahui, pekerjaan pelitur kayu jati tidak mudah semudah mengecat. Diperlukan serangkaian tahapan yang cukup panjang dan ribet. Jika anda salah dalam mengapliksinnya, justru tampilan furniture tersebut akan buruk dan tidak enak dipandang mata. Berikut cara plitur kayu jati dengan baik dan benar.


Hasil gambar untuk cara plitur pintu kayu jati

Cara plitur kayu jati dengan impra, cara menggunakan politur boyo, cara membuat plitur kayu sendiri
cara plitur triplek, warna plitur kayu propan, cara menggunakan politur ultran, cara menggunakan oker kayu, cara membuat plitur serlak.

Bahan-bahan untuk membuat pelitur sangat mudah didapatkan di toko-toko besi atau toko bangunan terdekat anda.
Inilah 7 Cara Mempelitur Kayu jati Dengan Baik Dan Benar :

  1. Bidang kayu diamplas (no 80-180) untuk menghilangkan serat kasar kayu dengan gerakan memutar agar didapatkan hasil halus dan merata.
  2. Pengisian pori-pori dengan wood filler. Lakukan secara merata dengan skrap atau kape. Biarkan wood filler kering, kemudian diamplas ulang (no 150-180) hingga permukaan kayu bersih dan halus rata.
  3. Selanjutnya pelapisan dasar. Lakukan dengan kuas, diusapkan bahan pelitur ke permukaan kayu selapis demi selapis tanpa meninggalkan jejak kuas. Tunggu sampai kering, kemudian amplas sampai rata semua (no 180-240) hingga didapatkan permukaan yang halus dan merata.
  4. Tahap berikutnya pengolesan bahan pelitur dengan menggunakan kain perca dengan gerakan memutar sampai rata.
  5. Tunggu sampai kering, kemudian dilakukan pengamplasan (no 180-240) secara basa dengan mencelupkan amplas kedalam air sampai merata kesemua permukaan kayu.
  6. Biarkan kering, dan selanjutnya adalah tahap akhir yaitu pelapisan pelitur dengan kain perca secara merata dengan gerakan memutar. Berikan tekanan lebih pada setiap gerakan agar hasilnya lebih padat. Pada tahapan ini, pelitur lebih encer.
  7. Lakukan secara berulang sampai didapat hasil yang diinginkan.
Bahan Untuk Membuat Pelitur Sendiri :
  • 100 gr sirlak
  • 80 ml Amonia liquide
  • 1200 ml Spiritus
  • 200 ml Minyak cat
  • Oker atau pewarna secukupnya
Cara Mebuat Pelitur :
  • Siapkan wadah yang bersih, masukkan sirlak dan tuang spiritus. Aduk hingga sirlak larut dan rata.
  • Tambahkan larutan amonia liquide kedalam larutan yang telah dibuat diatas sambil diaduk hingga rata.
  • Tuangkan minyak cat dan aduk hingga rata. Tambahkan bahan pewarna sedikit demi sedikit, tergantung dari selera ingin warna cerah atau yang gelap.
  • Aduk hingga benar-benar tercampur merata.
  • Pelitur kayu siap untuk digunakan.


0 Comments