Cara Menghitung Kebutuhan Cat Plafon

Cara menghitung kebutuhan cat plafon, Cara menghitung kebutuhan cat besi, Cara menghitung kebutuhan cat rangka baja, Cara menghitung kebutuhan cat kapal, Cara menghitung kebutuhan cat lantai, Cara menghitung kebutuhan cat epoxy, Cara menghitung kebutuhan cat duxo, Cara menghitung kebutuhan cat didnding dulux, kebutuhan cat genteng per m2.

Gambar terkait

Menghitung luas plafon

Layaknya proses menentukan kebutuhan cat dinding, langkah awal yang harus dilakukan adalah menghitung luas plafon yang akan dilakukan pengecatan. Hal ini dilakukan agar nantinya cat yang dibeli sesuai jumlahnya. Misalnya ruanagan dengan ukuran 4 meter kali 5 meter maka luas plafon yang didapat adalah 20 meter persegi.

Tentukan luas cakupan sebaran cat.

Langkah yang kedua adalah menentukan luas cakupan sebaran cat. Yakni luas yang dapat ditutupi oleh cat tersebut bila diaplikasikan. Biasanya, cat denga ukuran satu gallon akan memiliki cakupan sebar seluas 12 meter persegi untuk dua kali pelapisan. Tetapi hal ini akan berbeda jika instruksi pabrik mengatakan berlainan. Oleh karena itu, untuk lebih amannya kita dapat membaca instruksi pabrik terlebih dahulu.

Menghitung kebutuhan cat.

Jika ruangan memiliki luas 20 meter persegi dan cakupan cat untuk ukuran satu gallon adalah 12 meter persegi maka untuk menghitung banyaknya cat ang dibutuhkan adalah dengan membagi luas plafon dengan luas cakupan sebar cat. Sehingga 20 meter persegi dibagi 12 meter persegi yang hasilnya adalah 1,67 galon dan dibulatkan menjadi 2 galon utnuk menghindari kurangnya cat saat pengecatan.

Dalam menentukan kebutuhan cat plafon sebenarnya sama dengan kebutuhan cat dinding akan tetapi untuk plafon tidak terdapat benda – benda seperti pintu dan jendela sehingga tidak perlu dikurangi luas benda – benda tersebut. selain itu, pembulatan pada angka koma juga dilakukan keatas, hal ini dilakukan utnuk menghindarai terjadinya kurangnya bahan cat yang akan menghambat proses pengecatan plafon nantinya.


0 Comments