Selama ini yang kita tahu batako biasanya terbuat dari campuran semen dan pasir, tetapi kini ada juga loh produk batako yang bahan dasarnya semen dan pasir dicampur dengan abu sekam padi atau juga dari abu sisa pembakaran dari tungku pabrik gula. Dengan adanya cara cetak batako manual tercepat apalagi bagi pemula saat ini sangat dibutuhkan banyak orang untuk membuatnya.

Hasil gambar untuk cara bikin campuran batako

Cara cetak batako manual tercepat juga bisa membuat kalian sebagai penghasilan bulanan karena jarang orang – orang yang mempunyai waktu untuk membuatnya. Selain harga murah bisa bersaing dengan batu bata, namun kualitas tak kalah pula dengan kualitas batu bata.

Hasil gambar untuk cara bikin campuran batako

Adapun cara – cara membuat batako ringan dan kuat dengan bahan styrofoam ini:
  • Pertama – tama yaitu styrofoam yang berbentuk lembaran digiling sampai terlihat hancur hingga menjadi butiran – butiran kecil.
  • Untuk yang kedua, Standart campuran bahan yang sudah diolah tadi di tahap pertama yaitu yang sudah menjadi butiran – butiran styrofoam tadi dicampurkan dengan pasir dan semen, untuk komposisinya perbandingan campuran membuat batako bisa dimasukan sebanyak 80% dari styrofoam lalu dicampurkan dengan 20% komposisi pasir dan semen.
  • Ketiga yang bisa kita lakukan adalah untuk proses pencetakan dari adonan bahan baku tadi dengan menggunakan mesin pencetak yang sudah khusus untuk membentuk batako. Biasanya 1 kubik batako jadi 25 biji batako.
  • Selanjutnya tahap akhir yaitu melakukan penjemuran batako sytrofoam tadi yang memerlukan waktu sekitar setengah hari atau 12 jam, tetapi lamanya waktu juga bisa tergantung dari cuaca dan jumlah semen yang digunakan.


0 Comments