Jenis Talang Air  - Talang air merupakan salah satu bagian penting dari atap rumah kita. Apalagi kita tinggal di Indonesia, negara yang berada di wilayah garis khatulistiwa. Negara-negara di wilayah ini, seperti kita tahu, memiliki iklim tropis dengan curah hujan yang cukup tinggi dengan rentang musim hujan yang panjang. Mengingat hal ini, talang air terbaik untuk rumah minimalis merupakan bagian rumah yang tidak bisa dibilang sepele fungsinya.

Jenis Talang Air Terbaik Untuk Rumah Minimalis




Talang air umumnya dapat dibedakan menjadi beberapa jenis:
  1. Talang Beton Cor.

Jenis Talang Air Terbaik Untuk Rumah Minimalis 1


Talang air beton cor adalah jenis talang yang mulai banyak digunakan di rumah minimalis dan bangunan bertingkat. Model talang air beton memerlukan cara yang tepat bersamaan dengan perencanaan desain bentuk atap. Talang beton cor perlu waktu lebih lama dalam pembuatannya karena harus dicor dan dikeringkan sempurna sebelum bisa digunakan. Jika terjadi kesalahan dalam proses pembuatan akan menyebabkan retakan dan kebocoran. Biaya produksinya juga lebih mahal, tetapi lebih tahan lama usia pakainya. Bobotnya berat sehingga menambah beban pada struktur bangunan di bawahnnya. Jangan lupa untuk melakukan waterproofing untuk menambah kekuatan bahan dari rembesan air.
  1. Talang Seng Galvalum

Jenis Talang Air Terbaik Untuk Rumah Minimalis 2


Talang seng galvalum adalah talang yang umum digunakan pada bangunan dan rumah tinggal. Harga talang air baja ringan relatif lebih terjangkau dan usia pakainya juga cukup panjang. Cara membuat talang air dari seng ini cukup ditekuk berbentuk kotak dan bagian bawah ditahan oleh suport. Sayangnya talang seng galvalum ini biasanya menimbulkan bunyi berisik saat air hujan turun ke atasnya. Talang jenis ini juga menambah tinggi temperatur di area bawah genteng.

  1. Talang PVC.

Jenis Talang Air Terbaik Untuk Rumah Minimalis 3


Talang yang terbuat dari bahan PVC ini biasanya digunakan sebagai talang penampung air hujan sebelum disalurkan ke tempat yang direncanakan. Harganya relatif lebih murah dan tidak berkarat serta tidak berisik saat hujan turun. Usia pakainya lebih pendek dari talang seng dan talang beton cor. Saat ini sudah ada talang air fiberglass tetapi harganya masih relatif tinggi.
  1. Talang Karpet

Jenis Talang Air Terbaik Untuk Rumah Minimalis 4


Talang ini terbuat dari lembaran sejenis plastik. Bobotnya lebih ringan. Harganya jauh lebih murah. Jika sudah lama, maka akan timbul robekan-robekan yang akan menghancurkan talang karpet tersebut. Talang jenis ini sangat fleksibel tetapi tidak tahan terhadap pengaruh perbedaan cuaca. Perlu dilakukan pengecekan berkala supaya dapat segera diganti jika ada bagian yang sobek atau mulai lapuk.

 Pada dasarnya, semua jenis talang air perlu diperiksa secara berkala. Hal ini perlu untuk mengetahui kondisi talang air. Pemeriksaan juga dapat menemukan jika terdapat sumbatan pada lubang drainase talang oleh sampah daun-daun atau ranting atau bahkan karena layangan yang jatuh ke atap.
Sumber : www.klopmart.com


0 Comments