Engsel pintu memiliki peranan penting dalam kehidupan kita sehari-hari; ia menopang pintu-pintu luar rumah Anda, menjadi salah satu garis depan perlindungan keluarga Anda yang berada di dalam rumah dari gangguan hal-hal lainnya.

Tips Paling Mudah Memasang Dan Mengganti Engsel Pintu Minimalis 5


Di dalam rumah, engsel pintu berperan menjaga privasi masing-masing anggota keluarga. Memasang engsel pintu, baik itu engsel baru maupun mengganti engsel pintu yang rusak, adalah keterampilan yang mudah dipelajari dan sangat bermanfaat bagi pemilik rumah, terutama mereka yang hobi mengerjakan sendiri renovasi rumah minimalis. Berikut tips mudah memasang  dan mengganti engsel pintu minimalis :

Langkah 1 : Penyesuaian Ukuran Pintu dan Kusen

Tips Paling Mudah Memasang Dan Mengganti Engsel Pintu Minimalis 4

Mulailah dengan mengukur lebar dan tinggi pintu rumah minimalis serta kusen menggunakan meteran/pita ukur. Usahakan jarak pemasangan engsel pintu dan kusen tersebut tidak sama persis, melainkan menyisakan celah yang terdapat di antara bidang keduanya. lakukan cara pemasangan pintu kayu dengan benar. celah yang terbentuk di antara pintu dan kusen pada sisi kanan dan kiri adalah 3 mm, bagian bawah sekitar 5 mm, dan bagian atas kurang lebih 1 mm. Untuk menyesuaikan ukuran pintu terhadap kusen, Anda bisa menyerut permukaannya memakai serutan kayu manual atau pun mesin serut.
Langkah 2 : Penentuan Posisi Engsel


Tips Paling Mudah Memasang Dan Mengganti Engsel Pintu Minimalis 3

Agar engsel pintu mampu menahan beban pintu dengan baik, disarankan untuk memasang model engsel pintu 3 sekaligus pada masing-masing pintu dengan ukuran menyesuaikan ukuran pintu. Engsel yang pertama dipasang pada ketinggian 13 cm di bawah bagian pintu paling atas. Engsel yang kedua dipasang pada ketinggian 25 cm di atas bagian pintu terbawah. Dan engsel yang ketiga dipasang persis di tengah-tengah antara engsel pertama dan engsel kedua. Seperti pada cara pemasangan engsel pintu koboi.
Langkah 3 : Pemahatan Tempat Engsel

Tips Paling Mudah Memasang Dan Mengganti Engsel Pintu Minimalis 2

Jangan langsung menempelkan engsel pintu begitu saja pada pintu dan kusen, karena teknik pemasangan pintu kayu tidak sama dengan cara memasang  engsel pintu besi. Caranya pahat lah sisi samping pintu dan kusen tepat di posisi yang sudah ditandai memakai alat mata profil yang berbentuk lop. Karena umumnya ketebalan engsel adalah 5 mm, Anda perlu membuat tempat engsel dengan kedalaman 7 mm supaya engsel bisa tertanam dengan baik. Setelah pahatan sudah selesai dikerjakan, Anda bisa merapikan bentuknya menggunakan pahat manual.
Langkah 4 : Pemasangan Engsel Pintu

Tips Paling Mudah Memasang Dan Mengganti Engsel Pintu Minimalis 1

Engsel pintu dipasang terlebih dahulu, kemudian baru tempelkan ke kusen. Sama dengan cara memasang engsel pintu aluminium. Letakkan engsel tepat pada tempatnya, lalu ikat menggunakan sekrup. Pemasangan sekrup bisa dilakukan memakai obeng maupun bor listrik. Setelah ketiga engsel terpasang dengan sempurna pada daun pintu, berikutnya pasang pintu di kusen. Setelah itu, tanamkan sekrup yang mengikat engsel pada kusen menggunakan bor listrik.
Langkah 5 : Pengecekan Hasil Pekerjaan

Tips Paling Mudah Memasang Dan Mengganti Engsel Pintu Minimalis

Anda perlu memeriksa hasil pekerjaan pemasangan engsel yang telah Anda lakukan. Adapun caranya mudah sekali, cobalah membuka dan menutup selama berulang-ulang kali. Dan perhatikan hasil pemasangan kunci pintu. Jika pintu terasa lancar saat dibuka-tutup, ini berarti Anda telah sukses dalam memasang engselnya. Akan tetapi bila gerakan pintu terasa seret atau pintu mengeluarkan bunyi berderit, mau tak mau Anda pun harus memperbaikinya kembali, karena beda dengan memeasang engsel pintu lemari yang mudah untuk diperbaiki lagi.


0 Comments