Sering sekali melihat keretakan pada plafon dirumah, Maka anda patut curiga, kira kira penyebabnya apa. namun jika anda tidak menegerti dengan keretakan itu maka disini kami akan sedikit memberikan gambaran mengenai cara menghilangkan retak pada plafon, 5 penyebab paling sering terjadi pada keretakan plafon rumah. Baik jenis GRC, maupun jenis plafon kalsiboard dan plafon gypsum.

5 Penyebab Plafon Rumah Sering Retak

5 Penyebab Plafon Rumah Sering Retak 1

Sebaiknya sebelum memutuskan untuk memasang plafon, pemilihan bahan ini sangatlah penting karena setiap bahan mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri sendiri, namun jangan khawatir anda bisa berkonsultasi dengan penyedia jasa pladon anda. Jika anda menggunakan kalsiboard jangan digunakan untuk area eksterior atau kena air, karena memang bahan ini jika terkena matahari langsung juga kurang baik. 

Nah tidak perlu panjang lebar kira kira apa saja penyebab keretakan itu :

Baca Juga : Tips Memilih Warna Cat Lisplank Teras Rumah

  1. Rangka plafond dari kayu yang bermasalah. Rangka ini biasanya menjadi penyebab masalah utama keretakan, walaupun orang sudah memilih jenis kayu jati atau kalimantan sebagai rangka namun bagaimana juga bahan ini tetap bahan kayu yang memiliki titik muai dan pergerakan yang membuat plafon bergerak, jika anda ingin baik maka anda bisa menggunakan jenis besi hollow saja
  2. Bahan penutup yang tidak stabil karena pengaruh cuaca, ternyata bahan plafon gypsum memiliki kestabilan tinggi namun kekurangannya memang bahan ini rapuh dan mudah patah.
  3. Cara pengomfonan yang tidak benar jga menjadi masalah, komfon pada setiap jenis bahan itu berbeda jadi bagi yang tidak tau mungkin bisa saja akan salah pilih bahan yang menyebabkan masalah di kemudain hari, jika diteruskan maka akan merembet pada perkaikan list gypsum.
  4. Rangka tidak sesuai standart juga bisa menjadi masalah, kurang kuat dan tidak sesuai standart sehingga tidak kuat menahan beban.
  5. Getaran di atas plafon bisa jadi karena pemasangan instalasi listrik, gerakan bangunan rumah karena konstruksi tidak bagus. 

Itulah penyebab yang paling sering menjadi masalah keretakan pada plafon baik bahan GRC, Gypsum jayaboard maupun bahan lain gypsum.


0 Comments