Setiap Memulai pekerjaan bowplank yang harus diperhatikan kelurusan dan kedataran tali yang digunakan sebagai pembatas kerja menggunakan unting-unting. Dan pekerjaan dalam teknik bangunan tersebut sudah benar karena sudah sesuai dengan gambar dan ukuran  laporan pemasangan bowplank yang disarankan, Berikut cara mudah memulai pekerjaan bowplank untuk teknik bangunan.

Cara Mudah Pekerjaan Bowplank Untuk Teknik Bangunan 1

Baca Juga Artikel : 
Peralatan dan Bahan
            Peralatan yang digunakan :
1.     Benang
2.     Siku
3.     Pensil
4.     Meteran 5 meter
5.     Meteran 50 meter
6.     Waterpass
7.     Palu Godam
8.     Palu Besi Biasa
9.     Selang

Bahan yang digunakan :
1.     Papan
2.     Kayu 5 x 7 cm
3.     Paku

Cara Mudah Pekerjaan Bowplank Untuk Teknik Bangunan 2

Langkah Kerja
1.   Siapkan bahan dan alat - alat yang digunakan pekerjaan bowplank.
2.   Tancapkan kayu ukuran 5 x 7 cm ke dalam tanah dengan cara memukul bagian atas kayu dengan menggunakan palu 5 kg, usahakan kayu yang ditancapkan tidak goyang.
3.    Jarak titik perletakan pekerjaan pondasi 10 x 10 meter dan jarak antara patok satu dengan patok yang lain ± 1 meter.
4.  Pasang papan bekesting untuk bowplank yang sudah disiapkan pada patok tersebut, kemudian pakukan dan ukur kerataan papan dengan menggunakan waterpass.
5.   Setelah itu, ukur kerataan tanah antara satu bowplank dengan bowplank yang lain dengan menggunakan selang air agar dapat mengetahui volume tinggi rendahnya tanah.
6.   Pakukan paku pada pertengahan papan bowplank, dan ikat benang pada masing - masing paku agar dapat mengetahui garis tengah / as pondasi, usahakan sudut benang harus tepat mengenai titik perletakan pondasi.
7.  Ukur sudut berbentuk segitiga dengan ukuran 60 x 80 cm dan garis kemiringannya harus dapat 100 cm.


0 Comments