Engsel merupakan alat bantu yang dipasang pada daun pintu, jendela atau furniture (seperti lemari, dll). Engsel terbuat dari berbagai matrial seperti : besi, kuningan, plastik, maupun logam campuran. Jenis engsel pintu dan pagar sangatlah beragam dan fungsinya pun berbeda beda. Agar dapat membedakannya, berikut ini 7 jenis engsel pintu yang paling banyak dicari orang.


  1. Engsel Kupu-kupu
    7Jenis Engsel Pintu Yang Banyak Dicari Orang  1
Jenis engsel pintu ini  seperti kupu-kupu makanya engsel ini disebut juga engsel kupu-kupu. Biasanya engsel pintu dipasang pada desain pintu geser. Pintu ini bentuknya tipis dan bahannya ada yang terbuat dari logam besi ada juga yang terbuat dari bahan kuningan.Engsel ini mempunyai beberapa ukuran mulai dari 1,5inch, 2inch, 2,5inch, 3inch, dan 4inch.


  1. Engsel Panel
    7Jenis Engsel Pintu Yang Banyak Dicari Orang  2
Jenis engsel ini bentuknya seperti engsel kupu-kupu namun lebih tebal dan lebih kokoh sehingga engsel ini bisa dipakai untuk beban yang lebih berat lagi ketimbang engssel kupu-kupu. Engsel pintu ini bisa digunakan untuk desain pintu lipat 

  1. Engsel Patrom / Engsel H
    7Jenis Engsel Pintu Yang Banyak Dicari Orang  3
Engsel Patrom adalah  jenis engsel pintu yang berbentuk huruf H makanya engsel ini disebut engsel H. Engsel ini berfungsi untuk Pintu yang bebannya tidak terlalu berat, Seperti desain pintu Aluminium. Dengan menggunakan engsel ini maka pintu bisa dicabut/dilepas dan dipasang kembali dengan mudah.

  1. Engsel Piano (Continuous Hinge)
    7Jenis Engsel Pintu Yang Banyak Dicari Orang  4
Engsel pintu ini dulunya dipakai untuk daun penutup piano makanya disebut Engsel piano. Namun sekarang jenis engsel pintu ini juga banyak dipakai untuk  desain rak minimalis seprti, lemari, bufet, tempat tidur, jendela, peti dan sebagainya. 

       Engsel Koboi (Double Action Hinge)


7Jenis Engsel Pintu Yang Banyak Dicari Orang  5

Engsel pintu koboi berguna untuk mengayunkan daun pintu dengan jangkauan gerak pintu yang penuh dan berfungsi untuk menutup pintu dengan menggunakan tekanan per di dalam. Jenis engsel pintu biasanya dipakai pada desain pintu dorong minimalis.

       Engsel bubut (Barrel Hinges)

7Jenis Engsel Pintu Yang Banyak Dicari Orang  7

Engsel pintu bubut adalah  jenis engsel pintu yang berbentuk seperti tabung besi yang berlubang di tengahya seperti silinder untuk menempatkan poros (pivot) sebagai inti gerakan putaran engsel. Engsel bubut pemasangannya harus dilas bila dan hanya digunakan pada jenis pintu besi.


0 Comments