Apa sih dempul itu???.....   dan Bagaimana cara mendempul besi?,,,,,, mungkin ada yang sudah tau, atau pernah mendengar dari teman yang kerja dibengkel.mungkin juga waktu sekolah. Banyak sekali informasi yang bisa kalian cari tentang dempul besi.apakah itu dari teman,ataukah dari internet dll.kali ini saya akan mengulas tentang dempul besi.



   Dempul merupakan bagian untuk mengisi pori-pori besi yang berlubang dan meratakan bagian dari besi agar memiliki permukaan yang sama sebelum dilakukan proses finishing atau pengecatan.dempul sendiri terbuat dari campuran 75 gram belerang,75 gram tepung cat dan 15 gram borax.dempul memiliki bagian yang lentur dan memiliki daya kuat yang tinggi menyerupai bagian besi itu sendiri.

   Dempul sudah diproduksi pabrikan.apabila kita hendak menggunakan tinggal membeli ditoko-toko terdeket yang berhubungan dengan mobil.dempul memiliki warna sesuai dari produk pabrikan.setiap produk label dempul memiliki daya keawetan sendiri-sendiri tergantung dari label pruduk pabrikan itu sendiri.ketika kita hendak membeli dempul usahakan dari kode kadaluarsa masih panjang.dan jangan lupa produk dempul ini juga memiliki primer untuk pengeras dempul.

   Merk dipasaran sangat banyak,tapi biasanya orang bengkel memakai produk alfaglose,tentruma,benksite dlln.belilah sesuai keperluan kita untuk pekerjaan.dempul ini biasanya dipakai pada pekerjaan bengkel cat mobil,kanopi,pagar dll.




  • Cara mencampur dempul
  1. Siapkan dempul dan juga primer
  2. Siapkan plat tipis atau kapi untuk mencampur dempul
  3. Buka kaleng dempul dan ambil pada ujung kapi sesuai kebutuhan
  4. Campur sedikit primer kira-kira ujung tusuk sate dan campurkan
  5. Aduk terus pada bagian 2 kapi saling  menempel nempelkan
   Proses mencampur dempul sudah selesai.saya akan membahas tentang proses mendempul pada bagian besi.pada pekerjaan ini saya akan mengaplikasikan dempul pada pembuatan pagar besi.



  • Cara aplikasi dempul pada besi
  1. Gosok menggunakan kain pada bagian besi yang akan didempul
  2. Berikan sedikit air agar larutan oil bekas pada besi hilang
  3. Pakailah amplas p1000 agar bagian besi agak kasar
  4. Oleskan dempul yang sudah jadi pada besi yang tidak rata
  5. Berikan dempul pada besi sedikit demi sedikit sampai pori pori besi berlubang tertutup oleh dempul
  6. Tunggu sampai kering kira-kira 5 jam
  7. Dan gosok lagi pada bagian dempul yang sudah mengering menggunakan amplas
  8. Dan apabila sudah rata mungkin nanti di artikel yang lain saya akan membahas tentang finising pengecatan
   Itulah kemampuan ketrampilan saya tentang dempul mungkin masih banyak lagi teknologi tentang dempul.sampai disini blog yang saya tulis berdasarkan pengalaman saya jangan lupa di share ya...by irullll


0 Comments