Lantai granit menjadi salah satu trik paling populer untuk menambahkan keindahan dan kemewahan dalam hunian. Namun lantaran memiliki permukaan yang berpori-pori, cukup banyak orang yang menganggap jenis lantai ini tak mudah dibersihkan. Terlebih jika saat mengepel, air dapat menjadi noda yang akhirnya sulit dihilangkan.




Baca Juga : Jenis Lantai Granit Terbaik Rumah Minimalis

Tak hanya memperhatikan cara membersihkan lantai granit saja, Anda juga harus melakukan perawatan sederhana untuk menjaga keindahan lantai granit agar tetap mengkilap seperti baru lagi. Ada beberapa tips yang harus Anda lakukan untuk menjaga keindahan lantai granit, yakni:


  • Hindari penggunaan cairan pembersih lantai biasa



Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, lantai granit membutuhkan perawatan ekstra yang lain dari yang lain. Anda tidak bisa menggunakan cairan pembersih lantai biasa untuk membersihkan granit. Bila tidak ada cairan pengkilap lantai granit, Anda dapat menggunakan media air saja. Akan tetapi, tetap disarankan agar Anda memakai cairan khusus untuk pembersih lantai granit yang bagus.

  • Sediakan keset di pintu masuk




Apa hubungannya menyediakan keset dengan merawat lantai granit agar selalu bersih dan mengkilap? Keset berguna untuk membersihkan kaki orang yang akan masuk ke tempat tinggal Anda. Debu dan pasir adalah salah satu penyebab lantai granit cepat kusam dan kotor. Oleh karena itu, selalu sediakan keset yang bersih di depan pintu masuk. Di samping itu, biasakan para tamu yang datang untuk melepas alas kaki karena pasir dan tanah yang menempel pada alas kaki mereka bisa membuat lantai cepat kusam.
  • Jangan meletakkan perabotan yang tajam dan kasar


Baca Juga : Tips Memilih Keramik Lantai Untuk Teras Rumah Minimalis


Untuk melindungi lantai granit dari goresan, pastikan Anda tidak meletakkan perabotan yang tajam dan kasar di atas lantai. Pasalnya, lantai granit yang tergores hanya bisa dipoles dengan bahan-bahan khusus untuk menghilangkan goresan tersebut. Selain itu, hindari penggunaan vacuum cleaner di atas lantai granit karena roda mesin penyedot debu ini dapat menggores permukaan lantai.

  • Pilih cairan pembersih lantai yang berkualitas


Baca Juga : Desain Taman Rumah Tampilan Dengan Alami

Tidak hanya sekedar menghindari cairan pembersih lantai biasa, Anda pun harus memilih merek cairan pembersih lantai granit yang bagus dan berkualitas. Hindari pembersih lantai granit tile yang mengandung asam dan bahan kimia yang terlalu keras karena dapat merusak permukaan lantai.


Sumber : bacaterus.com


0 Comments