Kayu glugu merupakan jenis kayu yang bisa anda pilih sebagai matrial bahan bangunan, Sebab Tidak bisa dipungkiri lagi harga kayu saat ini sudah jauh dari kata wajar. Hukum alam akan berlaku ada harga maka akan ada kualitas, disitulah kita harus beralih untuk memilih kayu dengan harga hemat namun kualitas yang sepadan. Dan ada yang memilih kayu glugu atau pohon kelapa. Memang banyak yang menyampaiak kelebihan. Namun dibalik itu tentu setiap yang ada di dunia ini ada kekurangannya. Apa saja kah itu :


Tips Memilih Kayu Glugu Digunakan Untuk Bahan Bangunan Rumah


         Baca Juga Artikel :

  • Kekuatan kayu Glugu yang tidak memenuhi umurnya maka akan cenderung cepat rusak, dan disukai rayap. Umur yang bagus untuk glugu adalah diatas 30 tahun, dan itupun yang bisa anda manfaatkan adalah bagian mulai akar sampai 3 meter dibawah manggar atau batang pohon kelapa.
       Baca Juga Artikel Terbaru : Desain Pintu Minimalis Stylish dan Simple Terbaru
  • Bagian luar atau kulit glugu adalah bagian terkuat, maka jika anda ingin memanfaatkannya sebagai blandar maka pilihlah glugu yang menyentuh bagian luar atau kulitnya. dan sebaiknya hindari bagian hati atau bagian dalam Mungkin itu adalah mitos kayu glugu yang sudah kita ketahui dari nenek moyang kita.

Tips Memilih Kayu Glugu Digunakan Untuk Bahan Bangunan Rumah 1
  • Kelemahan kayu Glugu tidak begitu cocok digunakan sebagai usuk, atau penyangga genteng karena memang mudah melengkung, apalagi dengan bentangan 3 s.d 4 meter sangat tidak disarankan. Kalau 2 s.d 2,5 meter masih dalam jangkauan dengan catatan kayu tua. Untuk mengatasinya anda bisa selang seling dengan kayu lain seperti kayu jati atau kalimantan jadi lebih kuat dan anda bisa irit
       Baca Juga Artikel : Cara Pemasangan Pintu Lipat Garasi Rumah
  • Jika anda menggunakan kayu glugu super sebagai usuk maka siapkan paku beton, bisa juga dengan paku biasa namun yang menjadi masalah adalah lebih lama, apalagi dalam kondisi kayu sudah kering. Lebih baik anda mengalahi membeli paku beton daripada tukang lama mengerjakannya dan membuat biaya tukang menjadi bengkak.
  •  Kayu Glugu sulawesi atau NTT dan lainnya bukanlah jaminan kualitas baik, saya lebih menyarankan anda mencari sendiri kayu glugu yang masih hidup jadi anda tau kekuatannya, umurnya, dan yang bagus adalah yang daunnya sudah meranggas atau mau mati, dan tidak mau berbuah kelapa lagi.
Nah itulah beberapa fakta unik mengenai kayu glugu ini, saya rasa  juga tidak adil jika hanya menampilkan kekurangan kayu ini karena ternyata juga ada banyak sekali kelebihannya. Jadi jangan takut pintarlah memilih dan mempertimbangkan budget anda sesuai kemampuan.


0 Comments