Mungkin Dulu kita sudah mengenal tentang model pintu. Tetapi yang kita ketahui hanya  model Pintu berbahan kayu jati . Namun dengan perkembangan zaman, saat ini pintu kayu dapat digantikan dengan  desain pintu aluminium. Apalagi seperti yang kita ketahui bahwa jika semakin banyak kayu yang digunakan maka semakin sedikit pula jumlah kayu yang tersisa di hutan, dan hal tersebut dapat menimbulkan dampak yang kurang baik pada lingkungan.
Namun, lebih baik mana  antara pintu kayu atau pintu aluminium? Jika Anda sedang berniat untuk membuat pintu pada rumah Anda, berikut beberapa kelebihan dan kelemahan kedua bahan tersebut:
Pilih Mana Pintu Kayu Atau Pintu Aluminium Untuk Rumah Anda? 1

Pintu aluminium adalah pintu yang terbuat dari aluminium. Karakteristik dari material ini yaitu tahan terhadap keropos, awet, dan mustahil dimakan rayap. Bahan aluminium juga tidak akan mengalami perubahan bentuk akibat cuaca yang ekstrim, baik menyusut maupun melengkung.
Desain pintu aluminium dapat dibuat sesuai keinginan seperti pintu aluminium kaca. Bahkan pintu tersebut pun bisa dibikin menyerupai kayu dengan warna dan motif yang nyaris sama. Yang pastinya, pintu aluminium memiliki bobot yang ringan serta perawatannya pun sangatlah sederhana.
Pemasangan pintu aluminium biasanya dilakukan menggunakan sistem pemasangan fischer, di mana sekrup fischer akan ditanamkan ke dalam tembok dan bersama dinding menahan beban kusen. Selanjutnya celah-celah yang terbentuk di antara kusen dan dinding harus ditambal memakai karet sealant agar air tidak dapat memasuki ruangan. Sayangnya, pilihan model pintu aluminium tidak terlalu banyak karena merupakan standarisasi dari pabrik.

Pilih Mana Pintu Kayu Atau Pintu Aluminium Untuk Rumah Anda? 2

Baca Juga Artikel :

Pintu kayu adalah pintu yang terbuat dari kayu. Sesuai dengan karakteristik bahan bakunya, pintu ini cocok diterapkan di berbagai macam desain rumah mulai dari tradisional, etnik, klasik, minimalis, modern, sederhana, mewah, elegan, dan sebagainya. Dari awal mulanya, pintu kayu juga sudah terlihat begitu menarik walaupun tanpa dihiasi oleh cat apapun.
Kelebihan lain dari pintu kayu ialah bentuknya yang bisa dibuat sesuai keinginan, entah itu lurus atau pun melengkung. Kayu juga dikenal sebagai bahan yang mampu menahan cuaca dan suara dengan baik. Bagaimana pun rumah yang dilengkapi dengan pintu berbahan kayu akan terlihat asri dan alami.
Akan tetapi, kayu merupakan makanan favorit bagi rayap dan tikus. Jika ingin terhindar dari kedua hama ini, Anda harus memilihnya secara jeli mana kayu yang bermutu nomor satu dan sudah dioven. Agar terus kelihatan indah, pintu kayu wajib diberi cairan anti serangga, cat, dan coating secara berkala.


0 Comments