Model Pintu besi banyak kita jumpai pada bangunan bertingkat tinggi atau bangunan yang memerlukan perlindungan ekstra terhadap keamanan suatu hunian. Biasanya pintu besi ini terletak dibagian depan, belakang atau samping rumah yang menjadi titik terakhir pintu bangunan tersebut. Pintu besi ini memiliki beberapa jenis seperti desain pintu lipat dan desian pintu geser. Pintu besi terdiri dari dua bagian yaitu kusen dan anak pintu. Pemasangan pintu besi ini hanya dilakukan orang yang memiliki keahlian dibidang perkakas, karena proses pemasangan dilakukan dengan pekerjaan welding. Dan berikut cara mudah memasang pintu besi.
Cara Mudah Memasang Pintu Besi 1

Baca Juga Artikel : 

Berikut beberapa metode pemasangan pintu besi :
Cara Mudah Memasang Pintu Besi 2

  1. Persiapan alat kerja seperti: meteran, gerinda potong, waterpass, mesin lass dll.
  2. Check ukuran opening, Check garis elevasi pada kedua frame, tentukan elevasi garis finishing lantai, tentukan center line, tentukan titik – titik posisi angkur.
  3. Bobok kolom praktis/ shear wall pada posisi bentuk baut angkur hingga kelihatan pembesianya
    Cara Mudah Memasang Pintu Besi 3
  4. Dirikan atau tegakan frame menggunakan jenis besi siku, sesuaikan dengan ketentuan elevasi, center line, garis pinjaman, Tentukan posisi frame ditanam 20 m
  5. Las angkur frame dengan bentuk besi tulangan kolom praktis
    Cara Mudah Memasang Pintu Besi 4
  6. Grouting celah disekeliling frame ( gunakan graouting yang telah disetujui konsultan perencana atau pemilik proyek misalnya MU:301 )
  7. Setelah grouting keras dan pekerjaan plaster disekitar frame berumur minimal 1 hari bisa dipasang pintu besinya
    Cara Mudah Memasang Pintu Besi 5
  8. Pasang rangkaian Pintu Besi

Demikian salah satu contoh pemasangan pintu besi yang mudah sekali anda lakukan kapanpun saja. Terimakasih telah berkunjung diartikel kanopitop.


0 Comments