Dengan kamar yang berukuran mungil, anda bisa mendapatkan kamar tidur yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan anda. Namun tentunya mendesain kamar tidur yang berukuran mungil tak semudah dalam mendesain kamar tidur yang berukuran besar.


Pertama kali yang perlu anda lakukan adalah memilih tema dan gaya yang cocok untuk diterapkan di dalam kamar tidur anda. Konsep minimalis tidak akan susah diterapkan serta memiliki tampilan yang simple namun tetap terlihat elegan. Desain kamar tidur minimalis juga akan sangat cocok untuk kamar tidur berukuran mungil seperti 3×4 karena membuat kesan yang lapang serta tampilannya yang elegan. Berikut bagian dari pemilihan desain ruangan kamar tidur :
  • Pemilihan Furniture

Hal pertama yang perlu anda perhatikan dalam pemilihan furniture yang akan anda letakkan di dalam kamar adalah ukuran kamar tidur anda tak terlalu besar, maka anda tak bisa memilih furniture yang berukuran besar karena hanya akan mempersempit area kamar tidur anda. Jika bisa pilihlah furniture multifungsi yang lebih bermanfaat. Misalnya saja anda memilih meja belajar yang digabung dengan lemari sehingga lebih menghemat ruangan. Hindari furniture yang berukuran besar karena akan mempersempit ruangan.

  • Pemilihan Cat Dinding

Selain furniture, pemilihan cat dinding menjadi hal yang penting dalam menata desain ruangan. Pemilihan cat dinding yang tidak tepat hanya akan membuat tampilan kamar tidur menjadi tidak menarik. lebih baik menggunakan pilihan warna warna yang terang dan netral seperti krem, kuning, biru, hijau, abu abu, dan lainnya.

 Anda juga bisa menggunakan kombinasi dua warna yang membuat tampilan lebih menarik. Selain cat dinding, anda bisa menggunakan wallpaper yang lebih mudah diaplikasikan dan lebih awet dibandingkan cat dinding. Pilihlah warna warna yang netral dengan pilihan motif dan corak yang horizontal untuk membuat kesan lapang dalam kamar tidur. Yang terpenting anda harus menyesuaikan warna dinding dengan perabotan yang ada di dalam kamar tidur.
Baca Juga Artikel : Desain Rak TV Led Terbaru
  • Tentukan Ukuran Tempat Tidur

Tempat tidur menjadi unsur penting di dalam kamar tidur anda. Karena model desain kamar tidur minimalis ruangan sempit, pastikan jika ukuran dari tempat tidur yang anda gunakan lebih ramping ataupun kurang dari ukuran kamar anda tersebut. Karena ukurannya yang tak terlalu besar, sebaiknya jangan menggunakan tempat tidur yang menggunakan kerangka karena hanya akan membuat terasa sempit saja.

Anda bisa menggunakan konsep tempat tidur lesehan pada model desain kamar tidur minimalis ruangan sempit dengan langsung menempatkan kasur di lantai. Namun agar tak terlalu dingin, anda bisa menempatkan karpet yang tebal di bawah kasur agar tetap hangat. Atau anda bisa memilih kasur yang berbentuk seperti sofa sehingga dapat dilipat dan diubah dengan mudah. Sehingga dapat memberi ruang yang cukup di dalam kamar tidur.
  • Posisikan Furniture Dengan Tepat

Tak hanya memilih furniture yang tepat untuk kamar tidur anda, maka anda perlu menempatkan dengan tepat furniture rak buku yang anda gunakan di dalam kamar. Untuk perabotan yang berukuran agak besar seperti lemari, meja, dan lainnya anda bisa menempatkannya berdempetan dengan dinding. Tempatkan tempat tidur di sudut ruangan untuk membuat area menjadi lebih lapang. Yang terpenting adalah jangan sampai penempatan perabotan membuat aktivitas di dalam kamar menjadi terganggu.

  • Pencahayaan

Pencahayaan desain kamar tidur untuk ruangan sempit juga perlu anda perhatikan. Permasalahan yang sering terjadi pada kamar kamar berukuran mungil adalah ukurannya yang terbatas sehingga membuat sirkulasi udara menjadi tak teratur. Untuk itu, pentingnya untuk menjaga sirkulasi udara di dalam kamar tidur agar menjaga suasana tidak sumpek.

Buatlah jendela yang cukup di dalam kamar tidur anda. kalau bisa bukalah jendela tersebut setiap hari agar membuat udara bisa keluar masuk setiap saat. Hiasi jendela anda dengan teralis Jendela  tirai tipis yang berwarna terang untuk membuat tampilan kamar lebih menarik.
  • Penataan Kamar Tidur

Karena ukuran kamar tidur anda yang tak terlalu besar, maka anda harus pintar pintar dalam penataan desain rak minimalis,  agar ruangan tetap terasa lapang dan tidak akan menganggu kenyamanan anda.

Sumber : desain-kamar-tidur-minimalis-ukuran-3x4.html


0 Comments