Setiap hari kita melihat berbagai macam bentuk dari desain pagar rumah yang relatif mempunyai model yang berbeda-beda dari rumah satu kerumah yang lain. Selain itu matrial yang digunakan untuk pembuatan pagar pun tidak sama. Ada yang berbahan matrial besi,galvanis,galvalum dan stenless. Biasanya pagar rumah kalo dilihat dari motifnya orang banyak yang memilih membuat pagar berbahan stenlees disamping desainya yang bagus karena memantulkan cahaya juga awet terkena hujan dan panas sinar matahari.
Kali ini saya akan memberikan tips yang bagus untuk pengelasan pipa ornamen stenlees.dilihat dari bentuk dasarnya pipa ornamen stenless adalah pipa bulat yang memiliki  ketebalan material hanya dibawa 2mm saja. Lain dengan pipa stenless.ini adalah pipa ornamen.biasanya type ketebalan dipasaran yang dipakai pembuatan pagar memiliki ketebalab berkisar 0.8mm,0.9mm,1mm dan 1.2mm. Dari pengalaman saya dibidang perbengkelan sebaiknya ketika kita ingin membuat pagar mendingan kita memilih ketebalan pipa ornamen dengan ukuran 1mm atau 1,2mm. Didalam pelaksanaan pekerjaan pipa oranamen akan mudah dikerjakan.sebelum menginjak tahap pengelasan kita siapkan dahulu alat yang kita pakai dalam bekerja.


  1. Mesin las portable 900 watt
  2. Kawat las khusus stenless 2mm
  3. Kaca mata las
  4. Sarung tangan las
  5. Baju apronn khusus pengelasan
  6. Pipa ornament stenlees
Selanjutnya tahap bekerja dimulai dengan langkah-langkah berikut:


  • Pakailah alat pelindung diri dengan benar
  • Siapkan matrial pipa ornamen stenless yang akan disambung atau las
  • Nyalakan mesin las dengan ampere 70 watt saja karena kawat las stenless mudah meleleh
  • Coba tempelkan stang las pada benda kerja yang akan dilas
  • Teknik nyala mati yang harus kita gunakan karena kalau kawat las terlalu lama maka body matrial akan jebol
  • Ulangi lagi berulang-ulang teknik nyala mati sampai full pengelasan
  • Setelah selesai terasa cukup pengelasan kita pukul pakai palu kecil agar sisa lapisan las ini rontok dan kelihatan body kawat stenlessnya
  • Biasanya setelah kita pukul semua pada body matrial mungkin terlihat ada yang berlubang atau kurang rata.karena agak sulit pada pengelasan stenleesles ini.selalu kita coba untuk mengulangi sampai kita berhasil mendapatkan hasil yang maksimal
Mungkin itulah pengetahuan saya tentang pengalasan pipa ornamen stenless dalam bidang dunia perbengkelan pagar kanopi yang saya geluti selama ini.terima kasih telah mengunjungi blog kami. Semoga bermanfaat untuk kalian semua pembaca blok kami.


0 Comments