Pada dasarnya pengelasan/welding adalah suatuk teknik penyambungan benda logam.ketika kita sudah bisa menyalakan las tapi belum pernah kontak langsung pada penyambungan logam kita harus mengenal teknik tack weld. Tack weld ini adalah suatu penyambungan yang hanya mengenai titik tertentu yang fungsinya penyambung sementara.biasanya sebelum melakukan pengelasan dengan mengisi electroda pada logam kita harus melakukan pekerjaan tack weld terlebih dahulu.


 Supaya ketika logam tersebut terkena panasnya percikan las,logam tersebut memuai dan terjadi tarik menarik antara logam satu dengan yang lain dan mengakibatkan pengekraman atau bending.padahal disuatu pekerjaan pengelasan logam tersebut tidak boleh bending.apabila bending maka pekerjaan kita bisa dikatakan tidak sempurna.
Ketika electroda pada waktu pengelasan kita cairkan maka akan tau arah cairan las tersebut. dan juga kita tahu seberapa besar logam tersebut  meleleh.
 Mungkin setiap melakukan pengelasan, logam tersebut tidak dalam posisi pengelasan seperti pada waktu kita belajar.ada posisi datar dan ada juga posisi diatas kepala kita/under ground. Sehingga electroda yang kita cairkan akan sulit menempel pada logam karena kita belum sepenuhnya menguasai cara pengelasan logam dengan benar.ada 3 cara teknik pengelasan logam yang benar:

  • Tenknik pengelasan horizontal atau datar. teknik ini dimana posisi benda logam tersebut dibawah kita pada waktu pengelasan. Teknik ini sangat mudah dipelajari. Cara kerja benda logam posisi dibawah kita dan kita berada diatas benda logam tersebut dan nyalakan kawat electroda tersebut kita seret ke arah belakang dengan posisi 70 '€.


  • Teknik pengelasan vertikal. Teknik ini posisi benda logam yang kita kerjakan pengelasan posisinya tegak atau berdiri. Cara kerjanya kawat electroda kita mulai dari paling bawah tarik sedikit demi sedikit keatas.teknik ini perlu pengalaman belajar untuk mencoba terus sampai mendapatkan hasil yang maksimal.jangan lupa untuk selalu mengatur voltase pada mesin las.karena sangat berpengaruh pada teknik pengelasan vertikal ini.


  • Teknik pengelasan upp/under ground. Teknik ini memposisikan benda kerja logam berada diatas kepala kita.cara kerjanya kawat electroda  kita berada dibawah benda kerja.teknik ini butuh pengalaman khusus.karena ketika kita belum mahir dalam teknik ini maka yang akan terjadi mungkin posisi setelah dilas isi cor tersebut belum bisa menempel sempurna.


Selalu utamakan keselamatan kerja disemua pekerjaan kita.gunakan APD yang sesuai standart bekerja.terima kasih telah mengunjungi blog kami.mungkin sedikit pengetahuan yang bisa saya bagi.terima kasih.


0 Comments