Talang air hujan adalah elemen bangunan yang penting diperhatikan dalam membangun rumah khususnya di Indonesia yang bercurah hujan tinggi. Bahan dasar talang yang saat ini sering digunakan adalah talang dari bahan dasar logam (seng, aluminium, zincalum atau bahan  galvalum) dan bahan dasar plastik atau PVC. Setiap jenis talang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.





 Setelah memilih jenis talang untuk anda, maka pemasangan yang benar menjadi tugas anda selanjutnya. Kemiringan talang, sambungan dan corong talang semua harus diperhatikan demi mewujudkan rumah yang jauh dari kebocoran.


 Fungsi Talang air adalah tempat untuk mengalirkan air dari atap ke tempat yang telah direncanakan, bisa berupa talang vertikal, saluran air hujan, bak penampungan atau sumur resapan. Tujuan utama talang adalah mencegah cucuran air hujan dari atap turun tidak pada tempatnya, atau merembes kemana-mana. Oleh karena itu talang air hujan umumnya dipasang di tepian, pertemuan antar bidang atap, atau dinding samping rumah.

Sejalan perkembangan teknologi talang air hujan kini diproduksi dari berbagai bahan, yaitu:  


  • Talang batu atau beton
Mungkin merupakan jenis talang yang paling awal digunakan manusia. Pada rumah modern, talang beton umumnya diletakkan pada persinggungan atap dengan pagar atau bangunan tetangga. Talang dari beton tentu merupakan yang terkuat dibanding bahan lainnya, tetapi harganya relatif mahal, pengerjaannya tidak mudah, dan kemampuan tahan airnya tergantung dari lapisan waterproofing yang digunakan.




  • Talang logam
Talang dari bahan dasar logam yang paling dikenal di Indonesia mungkin adalah talang seng atau zinc yang harganya murah, dijual dalam bentuk lembaran dan dapat dibentuk sesuai kebutuhan. Kelemahan utama dari seng adalah umur dan daya tahannya terhadap cuaca, talang seng mudah terkena karat dan rusak dalam waktu relatif singkat. Pengganti talang seng adalah talang lembaran atau siap pakai dari bahan aluminium atau campuran zincalum yang sering disebut galvalum. Talang bahan logam lainnya seperti talang dari baja, timah atau tembaga tidak terlalu sering digunakan karena harganya yang cukup tinggi.
  • Talang plastik
Talang dari bahan dasar plastik atau PVC, amat populer karena harganya yang murah dan mudah dipasang karena tersedia dalam bentuk siap pakai dalam berbagai ukuran. Kelemahan utama dari talang bahan ini adalah umur dan daya tahannya terhadap cuaca. Ekspos pada suhu panas dan dingin yang ekstrim akan membuat plastik kehilangan kelenturannya, menjadi getas dan akhirnya rapuh dan mudah retak atau patah. Walau harga murah, namun dengan umur 1-2 tahun saja, maka perlu dipertimbangkan jika anda menginginkan rumah yang low maintenance. Belakangan mulai muncul talang dari bahan fiberglass, tapi harganya relatif masih mahal dan pemasangannya tidak mudah, umumnya digunakan untuk pabrik atau bangunan besar.




Jenis talang seperti apa yang sesuai dengan gaya arsitektur yang anda terapkan, apa warnanya, dan dari bahan apa. Semua akan mempengaruhi fasad rumah anda secara keseluruhan.



0 Comments