Mengenal Bentuk Dan Jenis Baja Ringan - Baja ringan atau atap galvalum memang biasanya tidak dijadikan sebagai pelindung utama bangunan hunian. Tapi kegunaannya selalu bermanfaat karena dapat menyerap panas dengan baik sehingga pada malam hari bisa menghantarkan suhu hangat ke ruangan.




Sebelum anda memasang atap  baja ringan, ada baiknya anda mengenal terlebih dahulu bentuk dan jenis baja ringan. Anda tidak perlu khawatir mencari baja ringan kesana kemari, karena sekarang sudah banyak jasa konstruksi dan toko baja ringan yang menawarkan baja ringan dengan harga murah. 

Baca Juga Artikel : Desain Talang Air Fiberglass

Bentuk Baja Ringan
Sebelum anda memasang atap  baja ringan, ada baiknya anda mengenal terlebih dahulu bentuk, ukuran dan jenis baja ringan.


Umumnya, bentuk baja ringan yang sering digunakan ialah bentuk “Canal” atau “C” dan “Omega”. Kedua bentuk itu dapat dipergunakan sebagai penyusun konstruksi baja ringan. 

Baca Juga Artikel : Desain Tangga Lipat Praktis

Yang paling banyak digunakan dan paling sering ditemukan ialah baja ringan berbentuk “Canal” atau “C”. Bentuk ini dianggap sebagai profil baja ringan. Profil Calal C merupakan profil tertua pada material batang baja ringan
Jenis Baja Ringan
Sementara terkait dimensi ukuran, tebal baja ringan yang lazim digunakan pada konstruksi baja ringan ini umumnya memliki ketebalan 0,75 mm hingga 1,00 mm pada batang utama kuda-kuda konstruksi. Sedangkan pada reng, ketebalan yang digunakan mulai 0,40 hingga 0,60 mm.
Sementara untuk ukuran tinggi profil juga bervariasi mulai dari 70 mm hingga 100 mm dan pada batten/reng tinggi mulai 31mm hingga 60mm. Variasi ukuran ini ditujukan menyesuaikan dengan beban/kekuatan yang disokongkannya.

Baca Juga Artikel : Jenis baut  Untuk Rangka Atap

Tinggi profil C ini 75 cm panjang dengan 6 m dengan ketebalan bervariasi. Mulai dari 0,60 mm, 0,65 mm, 0,70 mm,0,75 mm sampai dengan 1 mm. Digunakan sebagai rangka atap baja ringan atau kuda-kuda utama baja ringan.

Demikian sedikit informasi tentang baja ringan. semoga bermanfaat untuk semua pembaca yang meluangkan waktu untuk menambah wawasan tentang baja ringan.



0 Comments