Type rumah dua lantai atau bertingkat biasanya dihubungkan dengan menggunakan model tangga rumah. Konstruksi tangga pada perencanaan bangunan bertingkat ini harus dirancang secara hati-hati dan teliti. Anda perlu mempertimbangkan  cara mudah membuat tangga rumah dari beton bertulang dengan sudut kemiringan tangga yang nyaman, efisien serta mudah untuk dilewati. Berikut ini adalah tahapan cara membuat tangga beton bertulang yang wajib Anda ketahui, yakni:


Cara Mudah Membuat Tangga Rumah Dari Beton Bertulang


  1. Pembuatan pondasi tangga
    Cara Mudah Membuat Tangga Rumah Dari Beton Bertulang 1
Pondasi tangga memiliki fungsi sebagai dasar tumpuan landasan supaya tangga tidak mengalami penurunan maupun pergeseran. Jenis pondasi yang digunakan biasanya berupa pasangan pondasi batu kali, beton bertulang atau juga dapat menggunakan kombinasi kedua bahan tersebut. 
  1. Bekisting bordes dan badan tangga
Baca Juga : Desain Rak Kayu Tempel Minimalis

Cara Mudah Membuat Tangga Rumah Dari Beton Bertulang 2

Selanjutnya adalah bagaimana cara membuat begesting tangga dengan benar. Sebelum dilakukan, Anda perlu memperhatikan terlebih dahulu elevasi atau ketinggian dari lantai yang berada dibawahnya. Sehingga Anda dapat mengetahui kebutuhan alat apa saja yang dibutuhkan. Apakah akan menggunakan perancah kayu atau dengan scaffolding.
  1. Pemasangan tulangan badan dan sengkang badan tangga

Cara Mudah Membuat Tangga Rumah Dari Beton Bertulang 3

Tahap selanjutnya adalah memasangkan tulangan badan serta rangka besi bertulang tangga beton. Proses ini hanya dapat terjadi apabila bekisting telah selesai dipasangkan. Pertama-tama Anda perlu memasangkan tulangan utama terlebih dahulu, kemudian setelahnya baru dirangkai menggunakan tulangan sengkang. Beton decking ini dipasang pada bagian bawah tulangan dengan ketebalan ±2 cm.
  1. Pemasangan tulangan anak tangga
Baca Juga Artikel : Cara Mudah Menghitung Material Pondasi Batu Kali

Cara Mudah Membuat Tangga Rumah Dari Beton Bertulang 4

Pemasangan ini harus disesuaikan dengan gambar teknis supaya tidak terjadi kesalahan yang tidak diinginkan. Tulangan anak tangga beton bertulang nantinya akan dihubungkan dengan tulangan badan tangga dengan cara mengikat dengan kawat. Setelah itu, tulangan dipasang memanjang dengan tujungan untuk memperkuat anak tangga. Tidak lupa nantinya beton decking juga akan dipasang pada sisi yang sama dengan bekisting dengan ketebalan sekitar ±2 cm.
  1. Pemasangan bekisting tangga, dinding, bordes serta dinding anak tangga

Cara Mudah Membuat Tangga Rumah Dari Beton Bertulang 5

Apabila proses pemasangan tulangan bordes dan badan tangga telah selesai dilakukan, Anda mulai dapat memasangkan dinding tangga pada sisi lain serta dinding bordes pada bagian atas badan tangga. Bekisting dinding tangga nantinya akan dipakukan pada bekisting badan tangga.
  1. Tahap pengecoran
Baca Juga Artikel : Cara Mudah Pekerjaan Bowplank

Cara Mudah Membuat Tangga Rumah Dari Beton Bertulang 6

Cek terlebih dahulu apakah bekisting tangga sudah terpasang dengan kuat atau belum. Jika sudah, Anda dapat segera melakukan proses pengecoran tangga. Pengecoran ini harus dilakukan secara menyeluruh pada bagian tangga.
  1. Tahap pembongkaran

Cara Mudah Membuat Tangga Rumah Dari Beton Bertulang 7

Hasil cor harus didiamkan dulu untuk beberapa saat. Proses pembongkaran dinding badan tangga serta trape bisa mulai dilakukan ketika beton telah mencapai 12 jam. Sedangkan untuk bagian badan tangga serta bordes baru dapat dilakukan apabila telah mencapai 7 hari lebih dan sudah teruji. Pembongkaran balok bordes serupa dengan proses pembongkaran balok biasa.
Demikianlah beberapa cara membuat tangga rumah dari beton bertulang yang baik dan benar serta wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!


0 Comments